Musrenbang RKPD Tahun 2023, Ini Prioritas Pembangunan Kabupaten Banyuasin Kedepan

Musrenbang RKPD Tahun 2023, Ini Prioritas Pembangunan Kabupaten Banyuasin Kedepan

Kegiatan Musrenbang RKPD Tahun 2023 Kabupaten Banyuasin -Foto : Son-PALPOS.ID

BANYUASIN, PALPOS.ID - Bertempat di Graha Sedulang Setudung, dengan dihadiri langsung Bupati, Wakil Bupati, Anggota DPRD, Seluruh Kepala OPD, SKPD dan Forkompinda Kabupaten Banyuasin. Pemerintah Kabupaten Banyuasin laksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (Musrenbang RKPD) tahun 2023, Rabu (29/3/23).

Diketahui Musrenbang RKPD yang digelar Bappeda dan Litbang Kabupaten Banyuasin itu, merupakan lanjutan setelah sebelumnya telah ditetapkanya Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kabupaten Banyuasin periode tahun 2024–2026, melalui Peraturan Bupati Nomor 23 Tahun 2023 melalui proses review inspektorat Kabupaten Banyuasin dan melalui Bappeda Provinsi Sumatera Selatan.

Bupati Banyuasin, H. Askolani, SH., MH dalam pidatonya pada kegiatan itu menyampaikan, Saat ini berbagai program telah dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Banyuasin sejalan dengan apa yang telah menjadi rencana pembangunan Provinsi Sumatera Selatan, untuk itu melalui Musrenbang RKPD ini jadikan sebagai momentum untuk menyampaikan usulan pembangunan dimasa mendatang.

Jadi guna untuk arah pembangunan Kabupaten Banyuasin lebih baik lagi, baik berupa infrastruktur maupun non infrastruktur. Dimana sebagai fokus pembangunan, kita akan tetap memprioritaskan pembangunan infrastruktur sebagai penunjang perekonomian masyarakat, ucapnya.

"Titik fokus pembangunan masih sama pada infrastruktur, karena dengan infrastruktur bagus insyaallah perekonomian masyarakat dapat meningkat karena tidak ada hambatan, sehingga dapat mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan pendapatan daerah meningkat," ungkapnya.

Sementara itu Kepala Badan Bappeda & Litbang  Banyuasin, Ir. Kosarudin, MM dalam laporannya mengatakan, Untuk RPD Kabupaten Banyuasin Tahun 2024-2026, nantinya akan digunakan oleh OPD sebagai pedoman untuk penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah dari Tahun 2024-2026.

Maka RPD Banyuasin ini nantinya akan menjadi pedoman bagi penyusunan dokumen Rencana Strategis (RENSTRA) dan Rencana Kerja (RENJA) Perangkat Daerah. Jadi dalam rangka meneruskan pembangunan RPJMD 2018-2023 maka RKPD Tahun 2024 sebagai tahun pertama periode 2024-2026 difokuskan sesuai tema Pengembangan Ekonomi Kerakyatan, Peningkatan Pemenuhan Layanan Dasar dan Reformasi Birokrasi," jelasnya.

Masih kata Kosarudin adapun fokus pembangunan itu yakni, pertama Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) Berkualitas dan Berdaya Saing, kedua Peningkatan Infrastruktur, Pembangunan Ekonomi dan Lingkungan Hidup Berkelanjutan dan ketiga Pembangunan Kualitas Implementasi Reformasi Birokrasi, tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpos.id