2 Lokasi Ini Termasuk Jalur Rawan Bagi Pemudik Yang Melintasi Jalinteng

2 Lokasi Ini Termasuk Jalur Rawan  Bagi Pemudik Yang Melintasi Jalinteng

Kapolres Mura AKBP Danu Agus Purnomo-Foto : Yati-PALPOS.ID

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID.- Hati- hati, dua lokasi di Kabupaten Musi Rawas atau Mura merupakan jalur rawan bagi para pemudik yang melintasi jalur Jalan Lintas Tengah  atau Jalinteng Sumatera.

Hal itu diungkapkan langsung Kapolres Mura AKBP Danu Agus Purnomo, didampingi Kabag Ops Kompol Polin EA Pakpahan, Kasat Intel AKP Rudy Hartono, Kasat Reskrim AKP M Indra Parameswara, Selasa 18 April 2023.

Menurut Danu ada dua lokasinya yang menjadi titik rawan bagi para pemudik. Kedua lokasi ini berada di wilayah perbatasan antara  Mura-Empat Lawang dan antara Mura-Lubuklinggau.

"Dari arah Empat Lawang menuju ke Muara Beliti ada beberapa desa seperti Desa Kebur, Desa Muara Kati sampai Desa Rantau Serik,"  jelas Danu.

Dibeberapa desa tersebut, memang kondisi jalnnya cukup bagus. Beberapa lubang sudah mulai ditambal oleh Dinas Pekerjaan Umum.

Selain kondisi jalannya itu halus, kurangnya penerangan dan jalannya juga berliku-liku. "Nah disitulah potensi  kecelakaan," ujar Danu.

Kemudian lanjut suami dari Ny Anggita Danu ini,  jalan poros dari arah Lubuklinggau menuju Muratara yaitu di BTS  (Bulang Tengah Suku) Ulu. "Tadi kami cek juga ke  Bukit Beton kendaraan sudah mulai padat  selama  3 hari ini," ungkapnya.

Karena kondisi jalannya halus dan mulus, ini yang menyebabkan potensi kecelakaan. Berpotensi apa bila masyarakat khususnya para pemudik, sudah mulai lelah secara fisik maupun kondisi kendaraan dari arah Jawa atau yang cukup jauh.

"Kami menghimbau kepada masyarakat apabila kondisi fisiknya sudah mulai lemah, atau kondisi kendaraannya juga perlu istirahat, seluruh Mako baiknitu polres maupun Polsek  adalah lokasi res area, silakan untuk beristirahat dan kami jamin keamanannya," kata Danu.

Selain itu,  dihimbau juga bila jalan khusunya pada malam hari, para pemudik harus benar-benar memastikan mobilnya benar-benar layak. Karena dikhawatirkan ditengah jalan kondisi kendaraan tidak siap, mendadak mati, sehingga bingung untuk mencari lokasi-lokasi bengkel.

"Tapi kami dari Polres Mura tentunya 24 jam siap selalu untuk melaksanakan patroli diseluruh wilayah yang menjadi lokasi melintasnya para pemudik atau masyarakat Yanga akan melintas di Jalinteng Sumatera khusunya dalam wilayah Mura," katanya.

Selain itu tambah Danu, Polres Mura bersama-sama bupati, Kodim 0406 beserta OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan juga Organisasi Masyarakat sudah menyiapkan 250 personil di Wilayah Kabupaten Mura.

"Kami juga menyediakan 4 pos pengamanan yang akan membantu masyarakat khusunya pemudik yang akan merayakan hari kemenangan di Ramadhan ini," jelas Danu.

Saat 4 Pos Pengamanan itu sudah siap. Masing-masing, Pos Bukit Beton, Pos Pasar B Srikaton, Pos Agropolitan  Center,  sedang satu Pos lainnya standby. "Nanti pada saat masyarakat/pemudik yang akan memanfaatkan libur lebaran untuk datang ke lokasi wisata yaitu Danau Aur, kami sudah cek persiapan, kelengkapan, maupun perlengkapan apa sudah siap," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpos.id