Dongeng Tumbuhkan Keinginan Membaca

Dongeng Tumbuhkan Keinginan Membaca

Tampak kecerian dan keseruan anak-anak bernyanyi bersama bunda Literasi Kabupaten Muara Enim, Nurul Vita Utami Kaffah SE.-Foto : Febi-PALPOS.ID

MUARA ENIM, PALPOS.ID - Story telling atau mendongeng merupakan salah satu cara untuk menumbuhkembangkan minat baca khususnya di kalangan anak-anak. Untuk itu, dilaksanakan lomba story telling yang digelar oleh Dinas Perpustakaan Kabupaten Muara Enim, di layanan perpustakaan daerah, Selasa (9/5).

Bunda Literasi Kabupaten Muara Enim Nurul Vita Utami Kaffah SE, menyambut baik kegiatan story telling dengan harapan bisa menumbuhkan kecintaan dalam mendongeng. “saya lihat anak anak bergembira, apalagi dongeng dari cerita rakyat, sehingga kita tahu sejarah yang ada di Kabupaten Muara Enim ini,” ujarnya.

Oleh karena itu, dirinya sebagai bunda literasi juga mengajak masyarakat, pemerintah, dan lembaga swasta untuk ikut mengembangkan perpustakaan. “Ini salah satu upayanya, saya ingin di setiap kecamatan juga melaksanakan hal serupa, hidup tingkatkan minat baca terutama anak anak,” bebernya.

Dirinya meyakini dengan naiknya minat baca, penggunaan gadget untuk bermain game juga akan berkurang dan tentunya itu hal baik yang harus dicoba. “Oleh karena itu, puskesmas itu harus menarik, dikemas sedemikian rupa agar masyarakat dating,” terangnya.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dam SDM, Amrulah Jamaludin SE, mengatakan pemerintah Kabupaten Muara Enim harus menumbuhkan minat baca secara terus menerus untuk menyatukan persepsi kepada seluruh stakeholder guna meningkatkan dan memperbanyak minat baca di masyarakat.  “Untuk memudahkan masyarakat mendapatkan sumber bacaan, sudah ada aplikasi Medali (Muara Enim digital library) yang bisa di akses di playstore,” bebernya.

Dirinya juga berharap agar kegiatan story telling ini terus dilaksanakan karena merupakan salah satu wadah untuk menumbuhkembangkan kecintaan terhadap budaya dan cerita rakyat.  “Anak anak merupakan penerus dan merupakan potensi SDM yang harus dipersiapkan agar menjadi generasi yang cerdas, bedakhlak, serta berwawasan luas,” tegasnya.

Membaca buku merupakan jembatan ilmu yang harus ditumbuhkembangkan pada diri anak anak. Dan dirinya menekankan bahwa membaca itu tidak akan tumbuh dengan sendirinya tanpa peran orang tua, masyarakat, pemerintah dan lembaga swasta.

“Untuk itu perlu dukungan dalam pengembangan perpustakaan yang berkelanjutan dan bersinergi antara perangkat daerah hingga desa dengan didukung oleh sektor swasta, perguruan tinggi dan masyarakat,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Muara Enim  Panca Surya Diharta, menerangkan tujuan story telling atau mendongeng selain menumbuhkan minat baca juga menggali multi talenta pendongeng di depan umum sejak dini.

Panca menjelaskan, untuk menumbuhkan minat baca pada anak-anak. Pihaknya telah mendirikan perpusatakaan di kecamatan-kecamatan untuk merangsang pola pikir anak terhadap buku baik itu pelajaran maupun cerita rakyat Kabupaten Mura Enim sehingga anak-anak tidak terfokus pada permainan gadget. “Semoga story telling atau mendongeng minatnya pada anak-anak lebih banyak lagi,” pungkasnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpos.id