Generasi Muda Berperan dan Berprestasi dalam Ilmu Pengetahuan, Kebudayaan dan Teknologi

Generasi Muda Berperan dan Berprestasi dalam Ilmu Pengetahuan, Kebudayaan dan Teknologi

--

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa perjuangan para pejuang Republik Indonesia mencapai titik saat ini sangatlah berat dan para pahlawan tidak mudah menyerah dan putus ada. 

Oleh karena itu sebagai generasi penerus bangsa yang akan menjadi akar bangsa Indonesia di masa mendatang harus dapat mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional.

Caranya dengan memiliki modal dasar yang membuat ia berani disebut agen perubahan (agent of change) dan agen pengawas sosial (agen of social control).

Di mana kekuatan moralnya dalam berjuang adalah semata-mata pada gerakan moral yang menjadi idealismenya dalam berjuang.

Lantas, apa yang kita lakukan sebagai pemuda untuk mewujudkan gotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global ?

Pertama, membiasakan untuk menjadi pencipta untuk menjadi kelompok inovatif, kreatif, kompetitif, mandiri serta mempunyai ketangguhan untuk tetap bertahan pada persaingan dengan dunia luar. 

Kedua, mengembangkan potensi diri dan konsep yang terarah. Sebagaimana Bung Karno pernah berkata “berdiri di atas kaki sendiri (berdikari)”.

Ketiga, pembangunan karakter (character builder) generasi muda berperan membangun karakter postif bangsa melalui kemauan keras, berinisiatif membangun kesadaran kolektif dengan kohevitas tinggi, untuk menjunjung nilai-nilai moral serta menginternalisasikannya kepada kehidupan nyata.

Keempat, generasi muda berperan dan berprestasi dalam ilmu pengetahuan, kebudayaan dan teknologi, serta terlibat dalam proses pembelajaran dalam pengembangan karakter positif bangsa dengan perkembangan zaman.

Melalui Haflah Pancasila 1 Juni 2023, pemuda sebagai generasi penerus bangsa mampu memaknai Pancasila sebagai ideologi bangsa, yang dapat menyatukan dan menciptakan kedamaian di masyarakat untuk menjaga bangsa ini dari kerusakan dan pertumpahan akibat perpecahan. 

Pemuda adalah ujung tombak perubahan bangsa, maka peran pemuda dalam kondisi ini ialah terlibat langsung dalam memperbaiki keadaan bangsa dengan terus belajar menjadi generasi mandiri sehingga bisa membangkitkan dari keterpurukan.***

*) Muhamad Afdoli Ramadoni, Dosen Komunikasi Universitas Muhammadiyah Palembang

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: