PLTSa Masuk Tahap Pembahasan Jual-Beli Listrik

PLTSa Masuk Tahap Pembahasan Jual-Beli Listrik

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palembang, Akhmad Mustain-adetia/palpos.id-

PALEMBANG, PALPOS.ID - Projek pembangunan Pembagkit Listrik Tenaga Sampah (PLSTa) telah memasuki tahap pembahasan perjanjian jual-beli Listrik.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dnas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Palembang Ahmad Mustain, Senin (19/6).

"Sampai hari ini projek pembangunan PLTSa di Palembang sudah memasuki tahapan pembahasan perjanjian jual-beli listrik antara pihak ketiga dan pengembang," ujar Mustain saat dibincangi langsung.

Ia mengatakan jika pembahasan tersebut merupakan PR terakhir dalam pembangunan PLTSa.

BACA JUGA:Masyarakat Tiga Desa Minta Bonus Produksi Panas Bumi

"Pendapatan dari projek PLTSa itu sendiri merupakan Biaya Layanan Pengolahan Sampah (BLPS) yang dibayarkan Pemerintah Daerah dan nilai listrik yang dibayarkan oleh PLN sehingga PLTsa dapat beroperasi," katanya.

Ia menjelaskan, tanpa adanya kedua hal itu maka projek pembangunan PLTsa dianggap tidak berjalan.

"Itu karena dalam Peraturan Presiden (Perpres) No.35 Tahun 2018 sudah ditentukan ada BLPS yang dibayarkan oleh pemerintah daerah dan listrik yang dibeli oleh PLN untuk memastikan projek tersebut bisa berjalan,” jelasnya.

Lebih lanjut, jika pembahasan tersebut terselesaikan kemudian PLN melakukan penandatanganan pembelian listrik dengan pihak ketiga yang membangun PLTSa.

BACA JUGA:Jelang Idul Adha Harga Ayam Potong Merangkak Naik, Segini Harganya?

"Maka dapat dilakukan pembangunan PLTSa seperti yang direncanakan," lanjutnya.

Ia mengungkapkan saat ini Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup (Amdal) tinggal difinalisasi.

"Selanjutnya mengajukan persetujuan bangunan gedung (PBG), PBG ini sendiri sudah dimasukkan dan dibahas secara paralel, begitu Amdal keluar maka PBG akan keluar,” ungkapnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang bekerja sama dengan PT Indo Green Power akan membangun konstruksi PLTSa yang dimulai pada 2023 yang lokasi pembangunan PLTSa tersebut berada di beberapa kawasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: