Pemkab Ogan Ilir Berkurban 6 Ekor Sapi Pada Idul Adha 1444 Hijriah

Pemkab Ogan Ilir Berkurban 6 Ekor Sapi Pada Idul Adha 1444 Hijriah

Ketua Masjid Agung Annur Tanjung Senai Gusti Muhammad Ali-Foto : Isro/Palpos-

OGANILIR,PALPOS.ID - Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir dikabarkan akan berkurban sebanyak 6 ekor sapi pada hari raya Idul Adha 1444 Hijriah.

Ke enam ekor sapi itu bersumber dari satu ekor sapi dari Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar.

Sementara 5 ekor sapi lainya dari Sekda Ogan Ilir Muhsin Abdullah serta dari Satuan Kerja Perangkat daerah atau SKPD di lingkungan Pemkab Ogan Ilir.

BACA JUGA:Wow! Di Akhir Masa Jabatanya Rektor Unsri Anis Sagaff Wisudakan 60,97 Persen Lulusan dengan Predikat Cumlaude

Hal tersebut disampaikan Ketua Masjid Agung An-Nur Tanjung Senai Indralaya, Gusti Muhammad Ali yang juga sebagai ketua panitia Kurban 1444 hijriah dimasjid tersebut.

"Untuk Idul Adha 1444 hijriah tahun 2023 ini Pemkab OI berkurban 6 ekor sapi di Masjid Agung An-Nur Tanjung Senai," ungkapnya kepada awak media. Sabtu, 24 Juni 2023.

Dijelaskanya, untuk satu ekor sapi yang merupakan kurban dari Bupati OI Panca Wijaya Akbar dan keluarga beratnya berkisar diabgka 800 kg.

BACA JUGA:Temuan BPK 36 Proyek di Dinas PUPR Ogan Ilir Bermasalah, Kerugian Negara Capai Rp 8,4 Milyar

 Untuk dagingnya sendiri diperkirakanmencapai 600 kg. Sementara 5 ekor sapi lainnya yang masing masing satu ekor sapi dengan berat 80 kg.

"Berat sapi kurban dari keluarga Bupati 800kg yang diperkirakan berat bersih 600kg,sementara untuk lima ekor sapi dari Sekda dan SKPD masing masing berat sapi 80kg, dengan lima sapi berarti mencapai 400kg", ujar Gusti.

Ia menambahkan, dengan enam ekor sapi kurban tersebut nantinya bisa menghasilkan 1000 kg atau 1000 kantong yang berisikan setiap kantongnya 1kg,  bisa dibagikan kepada 1000 masyarakat OI.

BACA JUGA:Diperiksa Korupsi Dana Hibah Bawaslu, Mantan Ketua DPRD Ogan Ilir Minta Ketua DPRD OI Jangan Beropini

Dari enam sapi kurban ini, dibentuk panitia 30 orang dan menyiapkan 3 orang penyembelih sapi yang sudah terlatih dan  mengantongi sertifikat dari MUI dibawah binaan MUI OI.

Tiga orang yang bertugas selaku penyembelih hewan kurban di Mesjid Agung An-Nur pada Idul Adha tahun ini Ust Afdallah Syafei, Ust M Roni,Ust Suhandi Suhaimi yang sudah  mempunyai sertifikat penyembelih syar'i dari MUI OI.

Penyembelihan hewan kurban ini nantinya  berlangsung di halaman Mesjid Agung An-Nur yang dihadiri langsung Bupati OI, Wakil Bupati OI, Sekda OI, Forkopimda, para SKPD, MUI OI serta undangan lainnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: