Usulan DOB Pemekaran Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat, 21 Kecamatan Gabung Kabupaten Sukabumi Utara

Usulan DOB Pemekaran Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat, 21 Kecamatan Gabung Kabupaten Sukabumi Utara

Pemekaran Wiayah Kabupaten Sukabumi: Wacana Bentuk Otonomi Baru Sukabumi Utara di Jawa Barat.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

BACA JUGA:Ini 6 Objek Wisata Menarik di Kabupaten Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat, Salahsatunya Pantai Cipatujah

Namun, semua kendalanya juga sudah diselesaikan, dan kini tinggal menunggu Presiden Jokowi cabut keran moratorium DOB saja.

‘’Mudah-mudahan ada arahan dan saran bagaimana langkah selanjutnya pemekaran daerah otonomi baru ini,” jelas Wibowo Hadikusumah.

Sedangkan anggota DEP bidang Calon Daerah Persiapan Setda Jawa Barat Bayu Iskandar menyatakan Jawa Barat paling padat penduduknya.

Idealnya Jawa Barat memiliki minimal 40-44 kabupaten dan kota. Namun saat ini hanya memiliki 27 daerah, yakni 18 kabupaten dan 9 kota.

BACA JUGA:Inilah 4 Mall Mewah di Kabupaten Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat, Bisa untuk Wisata dan Hiburan...

BACA JUGA:Dirut Pertamina Nicke Widyawati Orang Kaya Asal Kabupaten Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat, Ini Profilnya...

Dan dari 17 daerah yang diusulkan pemekaran di wilayah Provinsi Jawa Barat atau Jabar itu, termasuk salah satunya Kabupaten Sukabumi Utara.

‘’Bahkan, untuk di Jawa Barat yang sudah selesai tahap penyesuainya itu, Kabupaten Sukabumi Utara, Bogor Barat dan Garut Selatan,” terang Bayu Iskandar.

Diberitakan Palpos.id sebelumnya, giliran Kabupaten Sukabumi siap bentuk 2 kabupaten daerah otonomi baru di Provinsi Jawa Barat.

Pemekaran Kabupaten Sukabumi memang sudah sangat layak jika moratorium daerah otonomi baru atau DOB sudah dicabut Pemerintah Pusat.

BACA JUGA:Usulan DOB Pemekaran Kabupaten Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat, 9 Kecamatan Gabung Kabupaten Tasikmalaya Utara

BACA JUGA:Wah Kota Kertajati Pemekaran Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat Bakal Jadi Kota Metropolitan

Alasannya, dengan luas wilayah 4.145 kilometer persegi, Kabupaten Sukabumi saat ini memiliki 47 kecamatan.

Selain itu, Jumlah penduduk Kabupaten Sukabumi sendiri menurut data Badan Pusat Statistik atau BPS tahun 2020 yang lalu sebanyak 2.725.450 juta jiwa lebih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: