Ini Batas Wilayah Kota Tanjung Balai Calon Ibukota Provinsi Sumatera Timur Pemekaran Provinsi Sumatera Utara

Ini Batas Wilayah Kota Tanjung Balai Calon Ibukota Provinsi Sumatera Timur Pemekaran Provinsi Sumatera Utara

Ini Batas Wilayah Kota Tanjung Balai Calon Ibukota Provinsi Sumatera Timur Pemekaran Provinsi Sumatera Utara.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

TANJUNG BALAI, PALPOS.IDKota Tanjung Balai bakal dijadikan ibukota Provinsi Sumatera Timur pemekaran Provinsi Sumatera Utara.

Dimana, batas wilayah Kota Tanjung Balai ini berada di selatan 2 derajat 58 Lintang Utara atau LU dan 99 derajat 48 Bujur Timur atau BT.

Selain itu, Kota Tanjung Balai dikelilingi Kabupaten Asahan. Dimana disebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Tanjung Balai.

Kemudian, sebelah selatan dan barat berbatasan dengan Kecamatan Simpang Empat, serta sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Sei Kepayang.

BACA JUGA:Profil Kota Tanjung Balai Calon Ibukota Provinsi Sumatera Timur Pemekaran Provinsi Sumatera Utara

BACA JUGA:Wacana Daerah Otonomi Baru Provinsi Sumatera Timur Pemekaran Provinsi Sumatera Utara

Diketahui, pertengahan abad ke-18 lahirlah Kesultanan Asahan yang dibentuk Pemerintah Hindia Belanda, hingga dibuka perkebunan di wilayah Negara Sumatera Timur saat itu.

Untuk mempermudah pengangkutan hasil kebun, hingga dibentuk Kota Tanjung Balai yang dijadikan Kota Pelabuhan dan pintu masuk lalu lintas perdagangan ke daerah Asahan.

Wacana pembentukan Provinsi baru Provinsi Sumatera Timur pemekaran Provinsi Sumatera Utara terus menguap.

Adapun calon ibukota Provinsi DOB Provinsi Sumatera Timur itu berada di Kota Tanjung Balai dengan luas wilayah 60 kilometer persegi.

BACA JUGA:5 Tempat Wisata di Provinsi Sumatera Utara Mirip di Luar Negeri, Apakah Danau Toba Termasuk?

BACA JUGA:7 Kabupaten Penghasil Durian Terbanyak di Provinsi Sumatera Utara, Ternyata Didominasi Calon Provinsi Baru Ini

Kota Tanjung Balai sendiri dikelilingi Kabupaten Asahan dan  berada di tepi Sungai Asahan yang merupakan sungai terpanjang di Provinsi Sumatera Utara.

Jumlah penduduk Kota Tanjung Balai sekitar 125 ribu jiwa, dan dari Medang ibukota Provinsi Sumatera Utara menuju Kota Tanjung Balai ditempuh 4 jam perjalanan darat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: