Desa Energi Berdikari : Manfaatkan Sinar Matahari untuk Pertanian Ramah Lingkungan

Desa Energi Berdikari : Manfaatkan Sinar Matahari untuk Pertanian Ramah Lingkungan

Desa Energi Berdikari : manfaatkan sinar matahari untuk pertanian ramah lingkungan--

PALEMBANG, PALPOS.ID.-Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel mewujudkan solusi inovatif dalam upaya meningkatkan keberlanjutan pertanian lokal di Desa Pulai Semambu, Kabupaten Ogan Ilir melalui program Desa Energi Berdikari (DEB) dengan pemanfaatan Energi terbaru dari sinar matahari pertanian ramah lingkungan.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan mengatakan melalui program DEB menjadi bukti nyata kontribusi Pertamina untuk menggerakkan dan memberdayakan masyarakat agar melalui penggunaan energi terbarukan.

"Penggunaan energi terbarukan dari sinar matahari di desa ini tidak hanya sebatas untuk penerangan saja, namun untuk kebutuhan yang lebih besar seperri pengoperasian pompa air yang penting dalam bercocok tanam," jelas Nikho.

BACA JUGA:Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel Pastikan Distribusi BBM di Bangka Aman

Lebih lanjut, Nikho menjelaskan Pertani dan Desa Pulau Semambu saat ini masih mengandalkan saat ini masih mengandalkan sumur bor sebagai sumber air utama dalam aktivitas pertanian mereka.

"Melalui panel surya dengan teknologi Batteey Lithium sebagai  penyimpan energi, nantinya akan mampu meproduksi 8.442 kWh/ tahun. Hal ini menjadi gambaran tentang bagaimana Enerti Terbarukan dapat mengapresiasi praktik pertamina yang lebih berkelanjutan dan efisien," imbuhnya.

Penggunaan energi surya tidak hanya memberikan manfaat ekonomi, tetap juga mendorong pertanian yang lebih ramah lingkungan sehingga mampu mengurangi emisi karbon di lingkungan.

BACA JUGA:Gubernur Apresiasi Kesungguhan Kilang Pertamina Plaju dalam Dukungan Proklim

Dari sisi perekonomian, program ini secara nasional memberikan dampak bagi 3.000 lebih Kepala Keluarga dengan total multiplier effect sebesar manfaat Rp1.8 miliar pertahun

Selain itu, program DEB Pertamina ini sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) point #7 (Energi Bersih dan Terhangkau, poin #8(Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, serta point #13 (Penanganan Perbuahan Iklim).

Melalui program ini, Pertamina juga turut mendukung target Pemerintah dalam mencapai Net Zero Emission pada tahun 2060.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: