Karhutla di OKI Status Siaga, Bupati Sebut Kemungkinan Naikkan Status Tanggap Darurat

Karhutla di OKI Status Siaga, Bupati Sebut Kemungkinan Naikkan Status Tanggap Darurat

Bupati Ogan Komering Ilir, H Iskandar SE.-Foto : Diansyah/Palpos-

KAYUAGUNG, PALPOS.ID - Terkait masalah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) saat ini berada dalam status siaga.

Hal itu disampaikan oleh Bupati OKI, H Iskandar SE saat diwawancarai awak media usai melakukan pelantikan terhadap sejumlah kades di GOR Celikah Kayuagung, Selasa (22/8/2023).

"Jadi sekarang ini status siaga, kemungkinan nanti akan kita tingkatkan menjadi status level 2 yaitu tanggap darurat," ungkap adik kandung Hatta Rajasa ini.

BACA JUGA:Lantik Delapan Kades, Bupati OKI Harapkan Akselerasi Pembangunan Desa

Menurutnya, mengenai masalah karhutla, mereka melihat anomali secara global dan cuaca saat ini ekstrim.

"Maka kita akan tes secara tehnis, akan kita kaji, apakah karhutla ini akan kita tingkatkan menjadi tanggap darurat. Jangan sampai kejadian, kita lengah dan tidak tanggap," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, terkait cuaca ekstrim, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten OKI, Iwan Setiawan mengimbau, ada sejumlah penyakit yang harus diwaspadai.

BACA JUGA:Cuaca Ekstrem, Dinkes OKI Imbau Ada Sejumlah Penyakit yang Perlu Diwaspadai

Dikatakan Iwan, cuaca ekstrim panas ini dapat menyebabkan dehidarasi, menjadikan anak-anak balita diare dan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).


"Itu yang perlu diwaspadai. Namun, untuk peningkatan kasus belum ada atau masih stabil. Belum ada gelaja-gejala yang muncul," tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: