Desa Gampong Iboih Surganya Lumba-lumba di Indonesia, Desa Wisata Berkelas Dunia, di Sini Lokasinya

Desa Gampong Iboih Surganya Lumba-lumba di Indonesia, Desa Wisata Berkelas Dunia, di Sini Lokasinya

Desa Wisata Gampong Iboih surganya lumba-lumba di Indonesia dan mendapatkan rekor MURI populasi lumba-lumba terbanyak-Foto : Tangkapan Layar Youtube @kemenparekraf-

BANDAACEH, PALPOS.ID - Desa Wisata Gampong Iboih yang terletak di Kota Sabang Provinsi Nanggore Aceh Darussalam merupakan surganya ikan lumba-lumba.

Desa ini menjadi tempat populasi lumba-lumba terbanyak di Indonesia.

Sebagai bukti, DEsa Wisata Gamping Iboih berhasil meraih rekor dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI)  dengan populasi lumba-lumba terbanyak. 

BACA JUGA:Menakjubkan! Eksplorasi Keindahan Alam dan Potensi Pariwisata Sumatera Tenggara

Penghargaan ini diserahkan dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi, mengumumkan prestasi yang diraih oleh dua gampong di Pulau Weh, yaitu Gampong Iboih dan Aneuk Laot, dalam ajang ADWI 2023.

Ia berharap pencapaian ini akan memotivasi masyarakat untuk terus meningkatkan upaya dalam mengembangkan sektor pariwisata desa guna memperkuat ekonomi lokal.

BACA JUGA:Eco Park Tan Kayo Syariah : Menginap Seru dengan Konsep Glamping di Pinggir Danau Singkarak

Reza menyatakan, "Kami merasa bersyukur atas penghargaan ini, dan kami berkomitmen untuk terus bekerja lebih keras dalam mengembangkan desa pariwisata di Kota Sabang."

Piagam penghargaan diserahkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, kepada Sekretaris Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Suhaimi, Keuchik Iboih Iskandar, dan Pj Wali Kota Sabang dalam acara yang diadakan bersamaan dengan acara ADWI 2023 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

Desa Wisata Iboih merupakan salah satu dari 14 desa wisata di Indonesia yang mendapatkan penghargaan rekor MURI untuk tahun 2023. 

BACA JUGA:Wisata Air Panas Parongpong Garut Menawarkan Relaksasi Maksimal di Tengah Keindahan Alam

Selain mendapatkan penghargaan sebagai desa wisata dengan populasi lumba-lumba terbanyak, Desa Wisata Iboih juga meraih penghargaan juara pertama dalam kategori kelembagaan dan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment), sementara Desa Wisata Aneuk Laot mendapatkan penghargaan juara harapan dalam kategori suvenir.

Reza menjelaskan bahwa lumba-lumba yang menjadi bagian dari rekor MURI ini merupakan salah satu daya tarik utama dan atraksi wisata yang terkenal di Iboih, sebuah pulau di ujung barat Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: