Udara Tidak Sehat Kota Palembang Darurat ISPA, Penderita Tembus 12.286 Orang

Udara Tidak Sehat Kota Palembang Darurat ISPA, Penderita Tembus 12.286 Orang

Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kota Palembang, Yudhi Setiawan menyebut ada lonjakan kenaikan penderita ISPA di Palembang akibat pengaruh kabut asap kebakaran lahan.-thia/palpos.id-

PALEMBANG, PALPOS. ID- Kabut asap yang saat ini mulai melanda Palembang berdampak pada kesehatan warga Palembang. Di bulan Agustus 2023, terjadi peningkatan yang cukup tajam.

Tercatat, ada 12.286 penderita Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) di bulan Agustus 2023. Jumlah ini meningkat cukup signifikan jika dibandingkan bulan Juli 2023, dengan 8.653 penderita.

“Memang cukup tinggi naiknya, dalam jangka satu bulan ada kenaikan 3.633 penderita ISPA. Memang, saat ini kita mulai merasakan kabut asap pengaruh kebakaran hutan.

BACA JUGA:Honda Scoopy Stylo 160: Skutik Terbaru Honda dengan Mesin Efisien dan Performa Unggul, Honda Kok Dilawan !

Tingginya penyakit ISPA ini, juga dipengaruhi kondisi cuaca sekarang ini yang memang mulai memburuk,” jelas Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2M) Dinas Kesehatan Palembang, Yudhi Setiawan.

Yudi merinci jumlah penderita ISPA ini, paling banyak diderita oleh anak usia 9 tahun ke atas dengan jumlah 6.448 orang. Jumlah ini meningkat jika dibandingkan bulan Juli dengan 7.233 penderita.

“Namun, yang paling mengkhawatirkan sebenarnya untuk anak bayi, karena ada 2.919 penderita ISPA yang masih bayi.

BACA JUGA:Pakai Kredivo Bisa Beli Sekarang Bayar Nanti, Belanja Tanpa DP Limit Hingga 50 Juta

Bayi ini ketahanan tubuhnya masih  belum optimal. Sehingga, sangat rentan jika terkena ISPA,” jelasnya.

Sementara untuk anak usia 1-5 tahun itu ada 714 orang terkena ISPA, anak usia 5-9  tahun ada 2.205 yang terkena ISPA.

“Karena itu, kita harus waspada memang yang mudah terkena ISPA ini dari kalangan anak-anak. Kami mengimbau agar anak-anak sebaiknya mengurangi aktifitas di luar rumah,” jelasnya.

BACA JUGA:Pj Walikota Lubuklinggau Masih Rahasia, Bakal Diumumkan Pekan Depan

Selain itu, sambung Yudhi, juga harus memperbanyak minum air putih. “Sebaiknya air putih hangat, kemudian banyak makan sayur dan buah-buahan.

Jika harus beraktifitas di luar rumah, sebaiknya menggunakan masker,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: