Temulawak Si Pencegah Kanker dan Mengatasi Masalah Pencernaan

Temulawak Si Pencegah Kanker dan Mengatasi Masalah Pencernaan

Temulawak tumbuhan asli Indonesia yang kaya manfaat kesehatan.-@tangkapan layar market online-

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID - Temulawak atau dikenal dengan nama latinnya Curcuma xanthorehiza merupakan tanaman asli Indonesia. Rimpang satu ini menyerupai kunyit, hanya saja warna kuningnya lebih muda dari kunyit.

Bahkan daun Temulawak dan kunyit juga serupa tapi tak sama. Yang membedakan hanya garis tulang tengah pada temu lawak berwarna marun, sedangkan kunyit warna tulang tengah pada daunnya berwarna sama hijau dengan daunnya.

Dikutif dari halodoc, temu lawak mengandung banyak zat penting bagi tubuh, seperti protein, kurkumin, serat, dan mineral.

BACA JUGA:5 Kiat Sukses Menanam Kangkung, Rahasia Agar Tanaman Subur dan Sehat

Selain itu, tanaman herbal ini juga mengandung tiga senyawa aktif, yaitu germakron, seskuiterpen d-kamper, turmerin, dan p-toluimetikarbinol.

Banyaknya zat penting yang terkandung dalam temulawak ini juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Tak heran bila kemudian temulawak dijadikan bahan obat tradisional turun temurun di Indonesia, seperti jamu dan produk lainnya.

BACA JUGA:Meniran Si Gulma Obat Batu Ginjal dan Batu Empedu

Selain itu temulawak juga mengandung beragam nutrisi penting bagi tubuh. Seperti serat, kalsium, zat besi, magnesium, potasium,sodium, zinc, vitamin B, vitamin C, vitamin E, juga vitamin K dan beragam nutrisi lainnya.

Beragam kandungan penting pada temulawak ini membuat temulawak bermanfaat untuk mengatasi masalah kesehatan, diantaranya :

1. Meningkatkan fungsi pencernaan

BACA JUGA:Si Putri Malu Obat Kuat Alami Penyembuh Diabetes

Temulawak merangsang produksi empedu yang terdapat pada kantung empedu, sehingga membantu meningkatkan fungsi pencernaan.

Rutin mengonsumsi jenis rimpang satu ini, dapat membantu mengatasi  beragam masalah pencernaan, seperti  kembung dan gas, juga dispepsia yakni ketidaknyamanan perut bagian atas, seperti ada sensasi terbakar, kembung, mual, atau ras cepat kenyang setelah mulai makan.

Selain itu, rempah ini juga bermanfaat untuk membantu meredakan kolitis ulserativa (peradangan pada usus besar), dan rektum, yang disebabkan pertumbuhan luka atau benjolan (tukak).

2. Antikanker

Curcuma xanthorehiza mampu mencegah, mengendalikan atau membunuh beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara, usus besar dan prostat.

Cara kerjanya dengan menghentikan pertumbuhan pembuluh darah yang menjadi penyubur sel kanker.

Ekstrak metanol Curcuma xanthorehiza terbukti miliki potensi kemopreventif atau pencegahan kanker.

3. Temulawak bantu meningkatkan fungsi ginjal

Temulawak juga bermanfaat dalam membantu meningkatkan fungsi normal ginjal.

Cara kerjanya dengan memaksimalkan fungsi organ dalam menyaring darah dari racun dan sisa-sisa metabolisme tubuh.

Kegunaan ini terjadi berkat kandungan minyak atsiri dalam rempah temulawak ini.

4. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Temulawak mengandung felandren, yang dapat membantu mengeluarkan racun dalam bentuk urine, feses, dan keringat.

5. Obat alami untuk gejala asma

Nutrisi dan kandungan zat aktif pada temulawak  beamfaay untuk mengatasi masalah asma.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa merebus rimpang temulawak dengan 5 gelas air. Lalu, tambahkan gula aren sesuai selera. Minum ramuan ini secara rutin sebanyak 3 kali sehari

6. Mengatasi masalah mual

Temulawak juga membantu mengatasi masalah mual, berkat kandungan piridoksin atau vitamin B6 yang ada pada temulawak.

Ibu hamil yang mengalami rasa mual di tri semester pertama, bisa mengonsumsi temulawak untuk mengatasi masalah tersebut.

Selain manfaat kesehatan diatas, mengonsumsi air rebusan temulawak juga dapat membantu meredakan gejala sakit ginjal, mengatasi bisul, dan beragam sejumlah beragam masalah kesehatan lainnya.

Nah, kami tidak menyangka bukan dibalik kecilnya ukuran umbi temulawak, ternyata menyimpan sejuta manfaat untuk kesehatan.

Mulai sekarang tidak ada salahnya kamu menjadikan temulawak sebagai bahan minuman sehat atau jamu untuk mencegah beragam gangguan kesehatan.

Minimal tidak kamu bisa mengonsumsi temulawak satu atau dua kali dalam sepekan sebagai penjaga stamina tubuh dan pencegah datangnya beragam penyakit yang bisa kapan saja menyerang.

Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: