FKM Unsri Sukses Gelar Konferensi Internasional SICPH Ke-4

FKM Unsri Sukses Gelar Konferensi Internasional SICPH Ke-4

Panitia konferensi internasional SICPH Ke-4 bersama Dekan dan Wakil Dekan FKM Unsri di The Zuri Hotel, Kamis (21/9/2023).-ist-ist

PALEMBANG, PALPOS.ID – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya (FKM Unsri) sukses menyelenggarakan Konferensi Internasional, Kamis (21/9/2023), di Ballroom The Zuri Hotel Palembang.

Konferensi Internasional atau Sriwijaya International Conference Of Public Health (SICPH) ini adalah yang ke-4 kalinya digelar oleh FKM Unsri.

Dalam perhelatan ilmiah bergengsi yang digelar secara hybrid ini tidak kurang dari 50 presenter dari seluruh dunia turut ambil bagian. 

Para presenter tersebut masing-masing menampilkan keahlian, penelitian dan ide-ide inovatif mereka khususnya dalam bidang kesehatan masyarakat.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor Universitas Sriwijaya Prof Dr Ir H Anis Saggaff MSCE IPU ASEAN Eng, didamingi Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Unsri Dr Misnaniarti SKM MKM.

Anis mengatakan, kegiatan semacam ini sangat penting dilaksanakan karena dalam konferensi internasional semacam inilah lahir pemikiran baru yang bisa menjadi masukan bagi pemangku kebijakan.

“Kegiatan ini penting untuk mengupdate ilmu pengetahuan. Dari sini diharapkan lahir ide-ide baru yang bisa dijadikan rekomendasi untuk pemerintah pusat maupun daerah,” katanya.

Sementara itu Misnaniarti dalam sambutannya mengatakan, konferensi internasional ini menjadi ajang pertemuan para akademisi, peneliti, dan praktisi dari berbagai negara untuk membahas dan berbagi hasil penelitian terbaru mereka di bidang kesehatan masyarakat.

"Sesuai dengan tema yang kita angkat yaitu Health and Nutrition Inovation for Better Life Style in Digital Era, kita berharap forum ilmiah internasional ini dapat menjadi jawaban atas tantangan global," katanya.

Menurutnya, masalah-masalah kesehatan masyarakat merupakan tanggung jawab bersama untuk mencari jalan dan solusi baru demi masa depan yang lebih sehat dan adil.

Ketua Panitia Dr Anita Rahmiwati SP MSi menambahkan, ada banyak topik yang dipresentasikan dalam konferensi internasional ini.

Topik tersebut yaitu Administrasi dan Manajemen Kesehatan, Kebijakan Kesehatan dan Sistem Kesehatan, Promosi Kesehatan, Gizi Masyarakat, Penyakit Menular dan Tidak Menular, Biostatistik dan Epidemiologi, Kesehatan Lingkungan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Penanggulangan Bencana, Keperawatan Global dan Pelayanan Kesehatan Masyarakat, Teknologi Kesehatan serta Psikologi dan Mental.

Konferensi ini menghadirkan lima pembicara kunci yaitu Prof Dr Suzana Shahar dari Universitas Kebangsaan Malaysia, Sirinya Phulkerd BSc MSC MPhil PhD dari Mahidol University, Thailand dan Prof Dr Ir H Hardinsyah MS dari Institut Pertanian Bogor.

Lalu ada juga Prof Dr rer med Hamzah Hasyim SKM MKM dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya, Indonesia dan Cunigonda Hol Dokter Umum dari Talmastraat, Belanda.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: