Pemekaran Wilayah Kota Batam Menuju Provinsi Baru: Langkah Terencana untuk Masa Depan yang Lebih Baik

Pemekaran Wilayah Kota Batam Menuju Provinsi Baru: Langkah Terencana untuk Masa Depan yang Lebih Baik

Pemekaran Wilayah Kota Batam Menuju Provinsi Baru: Langkah Terencana untuk Masa Depan yang Lebih Baik.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

BATAM, PALPOS.ID - Pemekaran Wilayah Kota Batam Menuju Provinsi Baru: Langkah Terencana untuk Masa Depan yang Lebih Baik.

 

Kota Batam merupakan kota yang dibangun secara terencana, telah menjelma menjadi kawasan ekonomi khusus dan pusat industri yang dikelola oleh perseroan. 

 

Dengan letaknya yang sangat strategis, Kota Batam memiliki tujuan mulia untuk bersaing dengan negara tetangga, Singapura dan Malaysia. 

 

Letaknya yang berada sekitar 90 kilometer dari ibukota Provinsi Kepulauan Riau, Kota Tanjung Pinang, membuatnya memiliki potensi besar sebagai pusat pertumbuhan ekonomi di wilayah ini.

 

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Kabupaten dan Kota di Provinsi Kepulauan Riau: Menggali Keberagaman dan Potensi Kepri

BACA JUGA:Menuju Provinsi Kepulauan Riau Barat : Menggabungkan Keberagaman dan Potensi Wilayah

 

Dengan luas wilayah mencapai 1.575 kilometer persegi, Kota Batam menghadapi tantangan unik. Meskipun memiliki luas wilayah yang besar, hanya sekitar 715 kilometer persegi dari wilayah tersebut merupakan daratan. 

 

Namun, populasi Kota Batam telah berkembang pesat, mencapai angka luar biasa 1.196.396 jiwa pada tahun 2020, yang lebih dari setengah jumlah penduduk Provinsi Kepulauan Riau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: