Kabupaten OKU Raih Penghargaan Proklim Lima Kali Berturut Turut

Kabupaten OKU Raih Penghargaan Proklim Lima Kali Berturut Turut

Pemkab OKU kembali meraih penghargaan Proklim kelima kalinya secara berturut-turut dari KLHK RI. Eko/Palpos.id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu (OKU) kembali meraih penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) kelima kalinya secara berturut-turut dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

Penghargaan diberikan atas kontribusi nyata dalam upaya pengendalian perubahan iklim. Penghargaan Proklim Tahun 2023 ini diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya Bakar kepada  Penjabat Bupati OKU H Teddy Meilwansyah sebagai Pembina Proklim, pada acara Penyerahan Penghargaan Proklim 2023 dan Peresmian RKKIK (Rumah Kolaborasi dan Konsultasi Iklim dan Karbon), di Ruang Auditorium Dr Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti, Senayan, Jakarta, Selasa (24/10).

Untuk diketahui sebelumnya, anugerah/penghargaan Proklim sendiri telah diraih Bupati OKU sebagai ‘Pembina Proklim’ di daerah sejak tahun 2018-2023 secara berurutan.

Bupati OKU H Teddy Meilwansyah mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada KLHK RI yang terus memberi pendampingan, sehingga Kabupaten OKU bisa mencapai Proklim. “Tentunya, penghargaan ini tidak terus membuat kita terlena, tetapi harus menjadi pemacu bagaimana kita menjaga alam ini,” tegas Teddy.

Salah satu desa proklim untuk tahun 2023 di OKU adalah Desa Batumarta II yang meraih penghargaan Sertifikat Kategori Proklim Utama. Kedepannya Bupati OKU berharap semakin banyaknya terbentuk desa-desa proklim sebagai bentuk kepedulian masyarakat dalam menghadapi perubahan iklim. 

Pada kesempatan ini Bupati OKU juga mengimbau kepada pelaku dunia usaha untuk dapat mensupport terbentuknya desa-desa proklim sebagai bentuk kepedulian dunia usaha dalam mewujudkan pembangunan yang berwawasan.

Penghargaan Proklim 2023 menjadi bukti nyata dari komitmen Pj Bupati OKU H Teddy Meilwanyah dan Pemkab OKU dalam menjaga dan mengatasi dampak perubahan iklim, serta meraih pengakuan yang pantas atas upaya dalam lingkungan hidup. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: