Dinkes OKU Imbau Masyarakat Gunakan Masker

Dinkes OKU Imbau Masyarakat Gunakan Masker

Kepala Dinkes OKU, Deddy Wijaya. Eko/Palpos.id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten OKU mengimbau kepada seluruh warga di wilayahnya agar menggunakan masker saat berpergian keluar rumah, sehingga mencegah terjadinya penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

"Meskipun saat ini hujan sudah mengguyur daerah kita dan indek standar pencemaran udara sudah mengalami perbaikan, namun warga kami minta mesti tetap memakai masker saat keluar rumah," kata Kepala Dinkes OKU, Deddy Wijaya, saat dibincangi Jumat (27/10).

Menurut Deddy, masyarakat diminta tetap waspada dan melindungi diri mereka sendiri, terutama saat berada di area padat lalu lintas atau area yang kering yang berpotensi mengeluarkan debu.

“Kami melakukan ini semata-mata untuk kesehatan masyarakat itu sendiri, terutama untuk mencegah terjadinya ISPA yang rawan pada musim kemarau. Kami juga mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih dan asri," katanya.

Selain itu Deddy juga mendorong masyarakat agar melakukan penanaman satu pohon di halaman rumah masing-masing, sehingga kedepan bisa membantu menjaga kualitas udara di wilayah tersebut.

Sementara saat ditanya terkait jumlah warga OKU yang saat ini terkena ISPA, Deddy mengatakan, jumlahnya sekarang ini mengalami peningkatan.

Berdasarkan data dari 18 puskesmas selama periode Juli 2023, tercatat ada 1.293 kasus. “Angka ini meningkat menjadi 2.267 kasus pada Agustus. Total keseluruhan dari Januari hingga Agustus mencapai 12.322 kasus, dengan sekitar 504 penderita ISPA per minggu. Karena itu dengan imbauan ini diharapkan dapat mengurangi risiko penularan ISPA di OKU,” tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: