Dukung Ketahanan Pangan Kodim 0406/Lubuklinggau Bangunkan Lahan Tidur, Begini Jadinya..

Dukung Ketahanan Pangan Kodim 0406/Lubuklinggau Bangunkan Lahan Tidur, Begini Jadinya..

Dandim 0406/ Lubuklinggau Letkol Inf Kunto Aji Setiawan siap mendukung ketahanan pangan di Lubuk Linggau.-maryati/palpos/id-

SUMATERA SELATAN, PALPOS.ID- Dukung ketahanan pangan nasional, Kodim 0406/Lubuklinggau mengoptimalkan lahan tidur menjadi Integrated Farming Sistem (IFS) yakni sistem pertanian terintegrasi.

Hal itu diungkapkan Dandim 0406/ Lubuklinggau Letkol Inf Kunto Aji Setiawan, didampingi Batih Ops Serka Addi Santoso, usai mengikuti acara Gerakan Nasional Ketahanan Pangan tahun 2023 dan HUT TNI ke-78, secara virtual dengan Wakil Presiden Ma'aruf Amin, dan Panglima TNI, di Bekasi, Rabu 1 November 2023.

Dijelaskan Kunto, dengan sistem IFS tersebut, suatu kawasan yang tadinya hanyalah lahan tidur disulap menjadi lahan pertanian, peternakan dan perikanan menjadi satu, sehingga produktivitasnya bisa lebih optimal.

BACA JUGA:3 Kecamatan di Palembang Tertinggi Kasus ISPA

"Jadi lahan yang semula tidur tidak hanya dibangun menjadi lahan produktif, namun juga lebih optimal," katanya.

Dimana limbah pertanian, seperti limbah dari panen jagung, itu digunakan untuk pakan ternak dan juga ikan. Sebaliknya limbah ternak dan limbah air ikan justru dimanfaatkan untuk pupuk pertanian. 

Sistem pertanian IFS ini diharapkan dapat menjadi percontohan bagi masyarakat agar memanfaatkan lahan seoptimal mungkin. "Kita minta jangan ada lahan tidur, kalau ada lahan tidur bangunkan," ujarnya. 

BACA JUGA:Eksplorasi Keindahan dan Keanekaragaman Papua Selatan: Kisah Pembentukan dan Budaya yang Memukau

Ditambahkan Kunto, IFS tersebut merupakan hasil sinergitas antara Kodim, Pemerintah Kota (Pemkot) dan juga Polres Lubuklinggau serta instansi terkait lainnya. 

"Jadi namanya perkebunan 'Rahma' selain lokasinya di Kelurahan Rahma, juga ada kepanjangannya yakni Kesejahteraan Masyarakat," kata Kunto.

Dalam mengoptimalkan lahan tidur tersebut, tambah Kunto, Kodim dibantu juga oleh masyarakat setempat untuk menanam jagung, dan tanaman holtikultura, ada juga peternakan dan perikanan. 

BACA JUGA:Gamers, Ini Ada HP RAM Besar, Infinix Hot 30 Harganya Tak Bikin Sewot, Tenaga Prosesor Helio G88.

"Hasilnya semua diperuntukkan kepada masyarakat," ujarnya.

Dari peternakan dikatakan Kunto, ada produksi susu sapi dan susu kambing etawa. Produksi tersebut dibagi-bagikan kepada masyarakat kurang mampu dan yang menjadi prioritas untuk anak-anak stunting. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: