Gelar Dialog Nasional Untuk Tingkatkan Kredibilitas Hakim di Indonesia

Gelar Dialog Nasional Untuk Tingkatkan Kredibilitas Hakim di Indonesia

Rektor Unbara, Ir Hj Lindawati MT MM saat menerima cinderamata dari Komisi Yudisial RI. Eko/Palpos.id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Komisi Yudisial Republik Indonesia secara serentak melaksanakan kegiatan Dialog Nasional Kelembagaan dengan tema "Menjadi Lembaga yang Kredibel untuk Akuntabilitas Hakim".

Kegiatan itu sendiri diadakan serentak di 20 provinsi di Indonesia, termasuk Sumatera Selatan, dengan Universitas Baturaja sebagai tempat pelaksanaan kegiatan dialog Nasional, Selasa (21/11/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Rektor Unbara Ir Hj Lindawati MT MM, Wakil Rektor I Yunizir Djakfar SSos MIP, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Kabupaten OKU Indra Susanto SSos MAP, Ketua Pengadilan Negeri Baturaja Hendri Agustian SH MHum, Koordinasi Komisi Yudisial wilayah Sumatera Selatan Zaina serta tamu undangan lainnya.

Wakil Rektor I Yunizir Djakfar mengaku pihaknya menyambut baik dengan dilaksanakan  Dialog Nasional ini yang bertujuan untuk mencapai beberapa tujuan strategis.

"Kami dari pihak Universitas Baturaja sangat menyambut baik atas kegiatan yang dilaksankan oleh Komisi Yudisial. Hal ini bisa menjadi dampak  positif untuk kita semua untuk lebih tahu bahwa perangkat hukum atau hakim ada yang mengawasi kinerja mereka," ungkap Yunizir.

Dengan adanya kegiatan ini kata Yunizir, pihaknya berharap bisa menjadi pembelajaran yang baru untuk hukum yang lebih bersih serta meningkatkan integritas dan kapasitas hakim. 

"Fokus pada peningkatan kualitas hakim agar dapat memberikan keputusan yang adil dan bermartabat. Dengan Dialog Nasional Kelembagaan ini, Komisi Yudisial bertekad memperkuat fondasi sistem peradilan, menciptakan hakim yang berkualitas, dan menjaga integritas lembaga demi menjunjung tinggi kepercayaan masyarakat terhadap peradilan di Indonesia," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: