Lestarikan Budaya Palembang, Pusri Gelar Lomba Syarofal Anam

Lestarikan Budaya Palembang, Pusri Gelar Lomba Syarofal Anam

Lestarikan Budaya Palembang, Pusri Gelar Lomba Syarofal Anam.-Palpos.id-Humas PT Pusri

METROPOLIS, PALPOS.ID - Untuk melestarikan salah satu budaya Palembang sekaligus dalam momen memperingati HUT PT Pusri Palembang selaku anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero), Pusri menggelar Lomba Syarofal Anam Kampung Sehati.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Kesenian Kompleks Pusri, Rabu  (29/11) itu,

Dibuka  SVP Teknologi Pusri, Alfa Widyawan. Turut hadir Muspika Kalidoni dan Ilir Timur II, Ketua Panitia Pelaksana HUT ke-64 Pusri, Agung Prasetyanto Nugroho, VP TJSL Pusri, Alde Dyanrini dan peserta lomba Syarofal Anam Kampung Sehati.

Program Kampung SEHATI (Sehat Erat Sinergi) yang launching pada Tahun 2022, merupakan salah satu Program Corporate Social Responsibility (CSR), yang khusus dirancang Pusri bagi masyarakat lingkungan khususnya Ring I atau di 25 RT di 3 Kelurahan. Diantaranya Kelurahan 1 Ilir, Sungai Buah dan Sungai Selayur. Dengan tujuan kedepannya Pusri bersama warga sekitar perusahaan dapat terus bersinergi bersama perusahan dalam mengembangkan Community Development.

BACA JUGA:Pusri Gelar Pertandingan Voli Lingkungan dalam Road To HUT ke-64

BACA JUGA:PT Pusri Kembali Raih Predikat Industry Leader di Ajang IQA 2023

Sebanyak 5 (lima) grup yang terdiri dari 1 (satu) grup dari Kelurahan I Ilir, 3 (tiga) grup dari Kelurahan Sei. Buah dan 1 (satu) grup dari Kelurahan Sei. Selayur akan berpartisipasi dan memperebutkan hadiah trophy dan uang tunai. Juara I mendapatkan hadiah uang tunai Rp. 5.000.000,- (lima juta rupiah), Juara II uang tunai Rp. 4.000.000,- (empat juta rupiah), Juara III uang tunai Rp. 3.000.000,- (tiga juta rupiah), Harapan I Rp. 2.000.000,- (dua juta rupiah), Harapan II 1.500.000,- (satu juta lima ratus ribu rupiah) serta uang pembinaan bagi seluruh peserta yang telah berpartisipasi.

Adapun pemenang pada lomba ini adalah Juara 1 MT. Roudatul Jannah RT. 09 RW 01 Kel. Sungai Buah ; Juara 2  Miftahul Jannah RT.11 RW.03 Kel. 1 Ilir ; 

Juara 3 MT Al Hidayah RT. 07 RW. 01 Kel. Sungai Buah; Juara Harapan 1  MT Al Barokah RT. 32 RW. 01 Kel. Sungai Buah ; juara Harapan 2 MT. Al Ikhlas  RT. 07 RW. 02 Kel 1 Ilir.

VP TJSL Pusri, Alde Dyanrini  dalam sambutannya  mengatakan, dalam kegiatan Lomba Syarofal Anam tersebut juga dilaksanakan dengan tujuan untuk mempererat silaturahmi antara Pusri dengan masyarakat lingkungan sekitar perusahaan. “Pusri berdiri di wilayah kesultanan Palembang Darussalam, jadi ini merupakan salah satu tanggung jawab kami untuk menjaga dan melestarikan budaya Palembang agar terus diteruskan ke generasi berikutnya," ungkap Alde.

BACA JUGA:Pusri Terus Berkomitmen Mencetak Generasi Unggul melalui Pusri Cerdas Akademi

BACA JUGA:Pusri Jamin Stok Pupuk Subsidi Melimpah, Petani Tak Perlu Khawatir

Syarofal Anam lanjut Alde,  dilaksanakan dengan melantukan syair dan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW, sambal memainkan alat musik rebana, bersautan saling balas syair yang melantunkan sholawat. 

Budaya ini lanjut dia, awal mula dibawa oleh ulama asal Palembang, Syekh Abdussomad Al Palembani pada Abad ke-18.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: