Fakta dan Sejarah Pemekaran Papua : Berikut Profil 6 Provinsi di Papua dan Ibukotanya Hasil Pemekaran !

Fakta dan Sejarah Pemekaran Papua :  Berikut Profil 6 Provinsi di Papua dan Ibukotanya Hasil Pemekaran !

--

6. Provinsi Papua Barat Daya - Ibukota: Kota Sorong 

Provinsi Papua Barat Daya adalah hasil pemekaran Provinsi Papua Barat berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2022.

Kabupaten Provinsi Papua Barat Daya berjumlah enam wilayah, termasuk Kabupaten Raja Ampat, Sorong Selatan, Tambrauw, dan Maybrat, serta satu wilayah berstatus kota, yaitu Kota Sorong.

Batas wilayah Papua Barat Daya mencakup Filipina, Palau, dan Samudera Pasifik di utara, Provinsi Maluku dan Maluku Utara di barat, Kabupaten Fakfak dan Kabupaten Kaimana di selatan, serta Provinsi Papua Barat di tenggara.

Pemekaran provinsi di Pulau Papua merupakan langkah penting dalam upaya meningkatkan pelayanan publik, mempercepat pembangunan.

Selain itu,  memberikan kesempatan kepada masyarakat setempat untuk lebih aktif terlibat dalam pengambilan keputusan yang memengaruhi kehidupan mereka.

Selain itu, potensi alam yang melimpah, kekayaan budaya, dan keragaman suku di Pulau Papua menjadi aset berharga yang dapat menjadi sumber pengembangan ekonomi dan pariwisata yang berkelanjutan.

Dengan dukungan yang tepat dari pemerintah dan masyarakat, provinsi-provinsi di Pulau Papua diharapkan dapat menjadi entitas otonom yang sukses dan berkontribusi positif dalam pembangunan Papua dan Indonesia secara keseluruhan.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: