Fakta dan Sejarah Pemekaran Papua : Berikut Profil 6 Provinsi di Papua dan Ibukotanya Hasil Pemekaran !

Fakta dan Sejarah Pemekaran Papua :  Berikut Profil 6 Provinsi di Papua dan Ibukotanya Hasil Pemekaran !

--

Pembentukan Provinsi Papua Tengah berdasarkan Undang-Undang Nomor 15 tahun 2022.

Kabupaten Provinsi Papua Tengah sebanyak 8, termasuk Kabupaten Nabire, Puncak Jaya, Paniai, Mimika, Puncak, Dogiyai, Intan Jaya, dan Deiyai.

Wilayah Provinsi Papua Tengah mencakup 50 pulau.

Batas wilayah Provinsi Papua Tengah mencakup Kabupaten Waropen, Kabupaten Mamberamo, dan Teluk Cendrawasih di utara, Kabupaten Lanny Jaya, Nduga, Tolikara, dan Asmat di timur, Laut Aur di selatan, serta Provinsi Papua Tengah di tenggara.

4.Provinsi Papua Pegunungan - Ibukota : Wamena 

Provinsi Papua Pegunungan merupakan salah satu otonomi baru hasil pemekaran Provinsi Papua.

Luas wilayah Provinsi Papua Pegunungan sekitar 108.476 kilometer persegi.

Batas wilayah Provinsi Papua Pegunungan di utara adalah Provinsi Papua, di barat adalah Provinsi Papua Tengah, di selatan adalah Provinsi Papua Selatan, dan di timur adalah Papua Nugini.

Kabupaten Provinsi Papua Pegunungan sebanyak delapan, termasuk Kabupaten Jayawijaya, Pegunungan Bintang, Tolikara, Yahukimo, Mamberamo Tengah, Yalimo, Lanny Jaya, dan Nduga.

Provinsi Papua Pegunungan dikenal dengan keragaman suku, termasuk suku Dani, Dem, Ndugwa, Ngalik, Ngalum, Nimbora, Pesekhem, Pyu, Una, Uria, Himanggona, Karfasia, Korapan, Timorini, Kupel, Wanam, Biksi, Momuna, Murop, Sela Sarmi, Nayak, Nduga, dan Yali.

5. Provinsi Papua Selatan - Ibukota : Merauke 

Provinsi Papua Selatan merupakan hasil pemekaran Provinsi Papua bersama Provinsi Papua Pegunungan dan Provinsi Papua Tengah berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2022.

Kabupaten Provinsi Papua Selatan sebanyak lima, termasuk Kabupaten Asmat, Boven Digoel, Mappi, Pegunungan Bintang, dan Kabupaten Merauke.

Suku-suku di Provinsi Papua Selatan termasuk dalam daerah adat Anim Ha, yang memiliki budaya unik seperti penggunaan perahu dayung dan ukiran-ukiran Asmat.

Batas wilayah Provinsi Papua Selatan mencakup Kabupaten Nduga, Yahukimo, Pegunungan Bintang di utara, Papua Nugini di timur, Laut Arafura di selatan, serta Kabupaten Mimika dan Laut Aru di barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: