Makanan yang Menjadi Musuh Kesehatan Mata: Apa saja yang Harus Dihindari?

Makanan yang Menjadi Musuh Kesehatan Mata: Apa saja yang Harus Dihindari?

Makanan yang Menjadi Musuh Kesehatan Mata: Apa saja yang Harus Dihindari?pixabay.com---

KESEHATAN,PALPOS.ID- Jika kita ingin menjaga kesehatan mata, maka tidak hanya dengan memperbanyak konsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran saja, tetapi juga sebaiknya menghindari beberapa jenis makanan tertentu yang tidak baik bagi kesehatan mata.

Makanan yang banyak mengandung lemak jenuh, gula, kalori tinggi, sodium atau garam, serta kandungan antioksidan rendah sebaiknya harus dihindari.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari untuk menjaga kesehatan mata.

BACA JUGA:Menjaga Kesehatan Mata: Mulai Konsumsi Buah-buahan Ini untuk Kebutuhan Nutrisi yang Tepat!

BACA JUGA:Lezat dan Penyedia Nutrisi, Rambutan, Si Buah Tropis yang Mendukung Fungsi Otak

1.      Minuman Berkafein Minuman.

kopi, teh, dan minuman berenergi mengandung kafein yang dapat memicu peningkatan tekanan pada mata. Bagi para penderita glaukoma sebaiknya menghindari konsumsi minuman ini karena dapat meningkatkan tekanan intraokular pada mata.

Bagi Anda yang terbiasa mengkonsumsi minuman berkafein, sebaiknya batasi konsumsinya atau mulai beralih ke minuman tanpa kafein seperti air putih atau jus buah-buahan segar.

BACA JUGA:Kamu Suka Makan gorengan? Namun Takut Panas Dalam, Jangan Takut ! Ini 5 Buah untuk Penawarnya

BACA JUGA:Bolehkah Ibu Hamil Memakan Buah Salak? Ternyata Sangat Baik, Ini Manfaatnya Loh!

2.      Makanan Olahan Tinggi Lemak Jenuh dan Gula Tambahan .

Makanan olahan seperti gorengan, keripik kentang, minuman bersoda, permen, dan cokelat, mengandung lemak jenuh dan gula tambahan yang dapat memicu inflamasi atau peradangan di dalam tubuh yang dapat merusak kesehatan mata.

Selain itu, konsumsi makanan tinggi gula juga dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes yang bisa merusak kesehatan mata.

3.      Makanan Kaleng .

Makanan kaleng seperti mie instan, sarden, tuna kaleng, dan lainnya mengandung kadar garam yang tinggi.

Kandungan garam yang berlebihan dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan mendorong terjadinya peradangan di dalam tubuh, termasuk pada mata.

BACA JUGA:Analisis Kesehatan: Hubungan Antara Buah Lengkeng dan Diabetes!

BACA JUGA:Memiliki Rasa yang Manis, Ternyata Kulit Buah Anggur juga Dapat Menekan Perkembangan Kanker Loh!

4.      Makanan Olahan Daging Merah dan Olahan.

Makanan olahan seperti sosis, corned beef, dan daging merah berpotensi dapat menimbulkan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat memperburuk kondisi pada sel-sel mata dan mempercepat degenerasi makula.

5.      Minuman Beralkohol. 

Mengkonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah yang terlalu banyak dapat membuat mata menjadi buram dan terasa kering karena cenderung mengakibatkan dehidrasi. Selain itu, minuman beralkohol juga dapat memperburuk kondisi radang yang dapat mengakibatkan kerusakan pada sel-sel mata.

Memperbanyak konsumsi makanan sehat dan menghindari jenis makanan yang tidak baik bagi kesehatan mata sangat penting untuk menjaga kesehatan mata secara keseluruhan.

BACA JUGA:Mengandung Resveratrol, 3 Jenis Buah ini Dapat Mencegah Penuaan Dini Pada Kulit

BACA JUGA:9 Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan Dapat Mengatasi Masalah Pernapasan

Namun, selain menjaga pola makan, ada beberapa hal lain yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata Anda seperti rajin memeriksakan kesehatan mata dan menggunakan kacamata atau lensa kontak jika diperlukan.

Memakai kacamata atau lensa kontak dapat membantu mengurangi tekanan pada mata dan mencegah iritasi atau kerusakan mata yang lebih parah.

Dengan menghindari jenis makanan yang sebaiknya dihindari dan memperbanyak konsumsi makanan sehat, maka kita dapat menghindari berbagai penyakit mata yang bisa diakibatkan oleh pola makan yang kurang sehat.

BACA JUGA:Manfaat Luar Biasa Buah Melon untuk Kesehatan dan Kecantikan

BACA JUGA:Si Kuning Buah Tropis yang Lembut, Inilah 8 Manfaat Buah Nangka untuk Kesahatan Manusia

Kita juga dapat melakukan pemeriksaan kesehatan mata secara rutin oleh dokter spesialis mata untuk mengetahui kondisi mata sejak dini dan mencegah berkembangnya penyakit mata di masa mendatang.

Selalu jaga pola makan, perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran, dan hindari makanan yang dapat membahayakan kesehatan mata untuk mencegah penurunan kualitas penglihatan dan menjaga kesehatan mata kita.***

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: