Rumah Roboh Akibat Banjir Akan Segara Dibangun Kembali

Rumah Roboh  Akibat Banjir Akan Segara Dibangun Kembali

Pj Bupati Muara Enim meninjau lokasi banjir di Desa Pagar Dewa Kecamatan Bekanat.-Foto: Febi-dokumen /Palpos.Id

MUARA ENIM, PALPOS. ID  - Yuli Martati (36), warga Dusun 1, Desa Pagar Dewa, Kecamatan Benakat, Kabupaten Muara Enim, dapat bernafas legah.

Pasalnya, Pj Bupati Muara Enim akan membangun rumahnya pasca diterjang luapan air Sungai Lematang dan Sungai Benakat yang menyebabkan bangunan rumah roboh.

“Untuk rumah roboh sendiri akan kita bangun dengan menggunakan dana BTT (Belanja Tidak Terduga) termasuk rumah roboh akibat bencana.

BPPD dengan PUPR akan mengantur anggarannya. Nanti akan saya setujui bisa kita langsung bangun, tidak perlu pembahasan  lagi,” tegas Pj Bupati Muara Enim H Ahmad Rizali disela-sela meninjau lokasi banjir di Desa Pagar Dewa, Kecamatan Benakat bersama  Dandim 0404 Muara Enim Letkol Inf Nugraha SH MIP didampingi Asisten I Drs H Emran Tabrani MSi, Kepala BPBD dan Kadinsis serta Kadinkes.

BACA JUGA:Terkena Banjir Sekolah di Kabupaten Muaraenim Diliburkan

BACA JUGA:Polres Muara Enim Giat Pengamanan Kampanye Pemilu 2024

Sebelumnya, Pj Bupati Muara Enim seusai rapat gabungan penanganan bencana banjir bersama Dandim, Kapolres, Baznas dan perangkat daerah terkait di Balai Agung Serasan Sekundang.

Pj Bupati Muara Enim, langsung turun meninjau beberapa lokasi terdampak, yaitu Desa Tanjung Raman dan Desa Ujan Mas Ulu di Kecamatan Ujan Mas, serta Desa Pagardewa, Kecamatan Benakat.

Selain melihat kondisi warga, dalam kunjungan tersebut Pj Bupati juga menyalurkan berbagai bantuan tanggap bencana.

Dijelaskannya, bahwa Pemkab Muara Enim telah memetakan wilayah terdampak dan rawan banjir serta mengerahkan personel gabungan, baik dari perangkat daerah maupun TNI dan Polri dalam menghadapi bencana banjir.

BACA JUGA:Muara Enim Terima Bantuan Teknis RDTR dari Kementerian ATR/BPN

BACA JUGA:Pemekaran Daerah di Kabupaten Muara Enim di Sumatera Selatan: R2L dan Gelumbang Menjadi Sorotan

Lanjutnya, setidaknya dalam tanggap bencana saat ini Pemkab Muara Enim menyalurkan paket bahan makanan pokok berupa 5 Kg beras, 1 liter minyak, 1 Kg gula pasir, 1 kardus mie instan, 1 kardus air mineral, termasuk makanan penunjang bayi dan ibu hamil kepada warga terdampak.

Selain itu, Pj Bupati juga menginstruksikan pendirian Posko bencana di setiap kecamatan, menyiagakan Puskesmas, penyaluran air bersih dari PDAM maupun Damkar, serta pendirian dapur umum dan tenda pengungsi bagi desa-desa yang terdampak parah.

Pj Bupati pun menghimbau masyarakat agar menjauhi aktivitas di sekitar sungai dan tetap waspada akan tingginya intensitas hujan beberapa hari kedepan. Melalui BPBD dan dinas terkait lainnya, Pj. Bupati akan segera menginventarisir dampak bencana, baik itu kerusakan rumah, jembatan maupun fasilitas umum lainnya, termasuk lahan pertanian dan perkebunan.

“Saya memastikan pemerintah daerah akan selalui hadir bersama masyarakat dalam menghadapi musibah tahunan tersebut,” tegasnya.**

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: