Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel Berhasil Kurangi 1,5 Ton Sampah Melalui Program 'Sampah Jadi Berkah

 Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel Berhasil Kurangi 1,5 Ton Sampah Melalui Program 'Sampah Jadi Berkah

--

BISNIS, PALPOS.ID-Pada tanggal 21 Februari setiap tahunnya, masyarakat Indonesia memperingati Hari Peduli Sampah Nasional dengan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan sampah.

Di tengah semangat tersebut, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel turut serta dalam upaya pengurangan sampah melalui kegiatan "Sampah Jadi Berkah".

Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel dalam mendukung upaya pemerintah dan masyarakat dalam mengelola sampah secara bertanggung jawab.

BACA JUGA: Distribusi Energi Selama Pemilu 2024 BerjalanLancar, Pertamina Apresiasi Berbagai Pihak

BACA JUGA:Pertamina Sumbagsel Perketat Pengawasan Distribusi BBM Bersubsidi

Dalam pelaksanaannya, kegiatan "Sampah Jadi Berkah" melibatkan partisipasi aktif para pekerja dan mitra kerja Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel.

"Sampah Jadi Berkah" bukan hanya sekadar slogan, tetapi sebuah gerakan nyata untuk mengurangi timbulan sampah anorganik dan organik baik di rumah tangga maupun di lingkungan sekitar.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 12 hingga 16 Februari 2024 sebagai acara puncak, dengan fokus utama di Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Jambi.

BACA JUGA:Langkah Awal Menghadapi Bencana: Sosialisasi oleh Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel

BACA JUGA:Pertamina dan Pemerintah Palembang Bersinergi: Optimalisasi Distribusi LPG Subsidi

Pada pelaksanaannya, kegiatan "Sampah Jadi Berkah" berhasil mengumpulkan sebanyak hampir 1,5 ton sampah anorganik dan 100 kg sampah organik.

Sampah yang terkumpul tersebut kemudian diserahkan kepada mitra binaan Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel untuk diolah menjadi berbagai produk yang memiliki nilai tambah.

Beragam produk hasil daur ulang sampah tersebut antara lain sabun cuci piring, tas, karpet, serta berbagai kerajinan tangan lainnya.

BACA JUGA:Operasi Pasar LPG Pertamina Mendukung Masyarakat Terdampak Banjir di Kabupaten Muratara

BACA JUGA: Periode Satgas Nataru Berakhir, Pertamina Berkomitmen Jaga Pasokan Energi Tetap Lancar

Melalui proses daur ulang ini, tidak hanya berhasil mengurangi jumlah sampah yang berakhir di tempat pembuangan akhir, tetapi juga memberikan manfaat ekonomis bagi kelompok mitra binaan.

Selain itu, sebagai bagian dari komitmen dalam pengelolaan sampah, Pertamina juga memberikan bantuan berupa rumah bank sampah kepada Bank Sampah Rumah Limas.

Rumah bank sampah ini bertujuan sebagai wadah bagi kelompok masyarakat dalam memilah dan mengelola sampah menjadi produk yang memiliki nilai tambah.

BACA JUGA:Pertamina Patra Niaga Sumbagsel Tanggap Cepat Terhadap Keluhan, SPBU Palembang Tetap Memenuhi Standar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: