Manfaat Luar Biasa Biji Wijen : Dari Mengatasi Rematik hingga Mencegah Peradangan

Manfaat Luar Biasa Biji Wijen : Dari Mengatasi Rematik hingga Mencegah Peradangan

Wijin si biji mini yang memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan.-Foto : Maryati-

Manfaat itu didapat dari kandungan lignan dan fitosterol, senyawa tumbuhan yang bermanfaat untuk membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh. 

Bahkan,dari semua kacang-kacangan dan biji-bijian yang biasa dikonsumsi, biji wijen memiliki kandungan fitosterol total tertinggi dengan kandungan 400 hingga 413 miligram per 100 gram.

Selain itu, biji wijen juga mengandung 15% lemak jenuh, 41% lemak tak jenuh ganda, dan 39% lemak tak jenuh tunggal.

Mengonsumsi lebih banyak lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal bisa membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

9. Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan kalsium dan magnesium pada wijen bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah dan melindungi kesehatan pembuluh darah. 

Selain itu, lignan, vitamin E, dan antioksidan dalam biji wijen juga dapat membantu mencegah penumpukan plak di pembuluh arteri. 

Hal ini bisa berpotensi menjaga tekanan darah agar tetap stabil dan sehat. 

Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke.

Karena itu, menjaga tekanan darah tetap normal sangat penting dilakukan untuk mengurangi risiko penyakit kronis, seperti penyakit kardiovaskular. 

10. Mencegah peradangan

Kandungan antioksidan dalam biji wijen yang bernama sesamin dan sesamolin dapat membantu meredakan peradangan sehingga menurunkan risiko terkena berbagai penyakit dan memperlambat kerusakan sel. 

Tidak hanya itu, antioksidan tersebut juga memiliki sifat anti-bakteri yang terbukti mampu melawan infeksi bakteri Staphylococcus. 

Sementara itu, kandungan fenolik pada biji wijen, seperti lignan, dipercaya mampu mencegah penyakit kardiovaskular, kanker, dan Alzheimer.

Nah itulah beberapa manfaat wijen untuk kesehatan. Meski biji wijen terbilang mini namun manfaatnya luar biasa besar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: