Kemenkumham SumselKuatkan Pembangunan ZI, Budaya Antikoruspi, dan SPIP Kepada Seluruh Jajaran

 Kemenkumham SumselKuatkan Pembangunan ZI, Budaya Antikoruspi, dan SPIP Kepada Seluruh Jajaran

--

INFORIAL, PALPOS.ID-Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) di Sumatera Selatan telah menggelar sebuah kegiatan yang bertujuan untuk memperkuat pembangunan zona integritas, budaya antikorupsi, dan pendampingan sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP). Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Rabu, 6 Maret, di Hotel The Alts Palembang.

Acara yang dihadiri oleh pengelola aplikasi E-RB dan penyusun laporan SPIP yang berasal dari Kantor Wilayah dan 28 Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel tersebut dibuka langsung oleh Kepala Divisi Administrasi, Rahmi Widhiyanti.

Dalam sambutannya, Rahmi menyampaikan bahwa pembangunan zona integritas (ZI) merupakan langkah awal dalam mewujudkan reformasi birokrasi yang bertujuan untuk mencapai good governance.

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Dorong Pendaftaran Indikasi Geografis dan Merek Kolektif Khas Sumsel

BACA JUGA: Smabut Bulan Suci Ramahdan, Kemenkumham Sumsel Hadiri Munggahan

Menurut Rahmi, ZI merupakan pintu masuk untuk pelaksanaan Reformasi Birokrasi yang akan menghasilkan birokrasi yang bersih dan akuntabel serta memberikan pelayanan publik yang semakin baik dari waktu ke waktu.

"Untuk mewujudkan WBK/WBBM diperlukan suatu SPIP yang andal dan terpercaya. Keberhasilan SPIP dibuktikan dengan tingkat maturitas (kematangan) penilaian penyelenggaraan SPIP," kata Rahmi.

Dalam acara tersebut, Rahmi juga menjelaskan betapa pentingnya menyusun manajemen risiko sebagai bentuk mitigasi untuk mewujudkan pemerintahan yang baik.

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel dapat Tambahan Tenaga Medis Perkuat Klinik Lapas

BACA JUGA: 879 Orang Jadi PPPK Kemenkumham, Bentuk Penataan Pegawai Non ASN

Para peserta kegiatan diberi materi tentang Pembangunan Zona Integritas, Pendampingan SPIP, serta Evaluasi Manajemen Risiko oleh narasumber dari Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kemenkumham dan BPKP Provinsi Sumsel.

Kadivmin berharap bahwa setelah mengikuti kegiatan ini, para peserta akan memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang unsur-unsur dan subunsur SPIP,.

Penilaian SPIP yang terintegrasi dengan penilaian manajemen risiko, karakteristik tingkat maturitas penyelenggaraan SPIP, serta penilaian dan evaluasi manajemen risiko.

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Buka Program Rehabilitasi Narapidana Narkotika di Lapas Palembang

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Sosialisassikan Layanan Fidusia

Selain Rahmi, dalam agenda tersebut turut hadir sejumlah pejabat dari Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel.

Kepala Bagian Program dan Humas, Yulizar, Kepala Bagian Umum, Tri Purnomo, Kasubbag Humas RB dan TI, Hamsir, Kasubbag Kepegawaian TU dan Rumah Tangga, Bulan Mahardika, serta Kasubbag Pengelolaan Keuangan dan BMN, Benni Risky juga turut hadir dalam acara tersebut.

Kegiatan ini menjadi bagian dari upaya Kementerian Hukum dan HAM dalam meningkatkan integritas dan kualitas pelayanan publik di wilayah Sumatera Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: