5 Tradisi Lebaran Ini Hanya Ada di Indonesia, Nomor 5 Selalu Dinanti Anak-anak

5 Tradisi Lebaran Ini Hanya Ada di Indonesia, Nomor 5 Selalu Dinanti Anak-anak

Pemberian THR untuk anak-anak saat lebaran--

Tradisi ini tidak hanya menjadi momen untuk merayakan kemenangan setelah berpuasa selama sebulan penuh, tetapi juga untuk memperkuat hubungan sosial dan kekeluargaan.

Melalui silaturahmi, orang bisa saling menyapa, berbagi cerita, dan mempererat ikatan persaudaraan.

BACA JUGA:Dijuluki Kulkas Berjalan Isuzu Panther Sangat Cocok Di ajak Mudik Berlebaran

3. Makan Ketupat

Ketupat adalah makanan khas Indonesia yang sangat identik dengan perayaan Lebaran. Ketupat terbuat dari nasi yang dibungkus dengan anyaman daun kelapa atau janur, kemudian direbus hingga matang.

Ketupat sering dianggap sebagai simbol kemenangan dan kesuksesan setelah menjalani ibadah puasa selama sebulan penuh. Bentuknya yang segi empat dianggap melambangkan kemakmuran, keadilan, dan keberuntungan.

Selain ketupat, hidangan khas Lebaran lainnya seperti opor ayam, rendang, sambal goreng, dan berbagai jenis makanan ringan juga sering disajikan bersama ketupat saat perayaan Idul Fitri.

BACA JUGA:Mau Ikutan Mudik, Emak-Emak Dengerin Pesan Ketua Bhayangkari Polres Lubuklinggau ya!

4. Takbir Keliling

Takbir keliling dilakukan pada malam atau pagi hari menjelang dan pada hari Idul Fitri. Tradisi ini dimulai sebagai pengumuman kemenangan umat Islam setelah menjalani ibadah puasa selama sebulan penuh.

Takbir keliling dilakukan dengan mengumandangkan takbir, tahmid, dan tasbih, serta membaca kalimat-kalimat pujian kepada Allah.

Ini menjadi ungkapan syukur atas rahmat dan berkah yang diberikan selama bulan Ramadhan.

Takbir keliling sering dilakukan secara berkelompok oleh para pemuda atau warga setempat yang berkumpul membentuk barisan dan mengumandangkan takbir sambil berjalan-jalan di sekitar lingkungan mereka.

BACA JUGA:Kapolres Prabumulih Ancam Tilang Truk Angkutan Barang yang Nekat Melintas Selama Arus Mudik

5. Pemberian THR/ Salam Tempel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: