Ini 5 Manfaat Perkembangan UMKM di Indonesia Terhadap Kemajuan Ekonomi

Ini 5 Manfaat Perkembangan UMKM di Indonesia Terhadap Kemajuan Ekonomi

--

PALEMBANG, PALPOS.ID- Perkembangan UMKM di indonesia mengalami kemajuan yang signifikan dan mampu memberikan manfaat besar bagi pemerintah maupun masyarakat.

UMKM berhasil memberikan kontribusi PDB sebesar 60,5% dan menciptakan lowongan pekerjaan dengan menyerap tenaga kerja hingga 96,9%.

Dengan begitu UMKM Indonesia  menjadi bagian penting dalam memajukan ekonomi masyarakat, khususnya skala nasional. Walau begitu, tidak sedikit UMKM yang mampu go internasional untuk bisa bersaing dengan produk-produk luar negeri. 

Kemajuan UMKM Indonesia

UMKM sering disebut sebagai critical engine bagi perekonomian di Indonesia. Hal ini karena, peran UMKM sangat besar, terlebih terdapat 64 juta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yang terdaftar di Indonesia. 

Saat ini, masih banyak usaha-usaha kecil yang terus bermunculan. Untuk itu, pemerintah sudah menargetkan perkembangan UMKM skala nasional dengan program UMKM Naik Kelas, Modernisasi Koperasi dan berkontribusi dalam ekspor produk-produk lokal. 

BACA JUGA:Survei LSI dan LKPI: Elektabilitas Ahmad Rizali dan Shinta Paramitha Unggul Signifikan di Pilkada Muaraenim

Indonesia juga memiliki program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk membantu UMKM pulih kembali setelah sempat turun di 2 tahun pertama pandemi Covid-19.

Masa Pandemi memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan UMKM yang ditandai dengan adanya masalah bahan baku. 

Tidak hanya itu, banyak UMKM mengalami penurunan omset hingga mengalami turunnya nilai aset. Untuk itu, pemerintah membantu UMKM pulih kembali melalui PEN, implementasi UU Cipta Kerja, program Bangga Buatan Indonesia (BBI), dan lainnya. 

Hal tersebut juga didukung oleh banyak stakeholder, sebut saja Bank Indonesia yang memiliki program khusus untuk UMKM. Salah satunya dalam memberikan kemudahan akses pinjaman modal usaha. 

BACA JUGA:Lebih Bertenaga Serta Ramah Lingkungan dan Irit BBM Toyota Fortuner 48V Meluncur di Afrika

Manfaat Perkembangan UMKM di Indonesia

Dampak besar UMKM terhadap terhadap perkembangan ekonomi Indonesia mampu menciptakan lowongan pekerjaan baru yang lebih besar terhadap masyarakat yang membutuhkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: