Pemekaran Wilayah Kalimantan Barat: Lima Daerah Gabung Calon Daerah Otonomi Baru Provinsi Ketapang

Pemekaran Wilayah Kalimantan Barat: Lima Daerah Gabung Calon Daerah Otonomi Baru Provinsi Ketapang

Pemekaran Wilayah Kalimantan Barat: Lima Daerah Gabung Calon Daerah Otonomi Baru Provinsi Ketapang.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Sebagai kota yang berkembang pesat, Singkawang memiliki berbagai industri kecil dan menengah yang mendukung perekonomian lokal. 

Perdagangan dan jasa juga menjadi sektor penting di kota ini, dengan adanya berbagai pasar tradisional dan pusat perbelanjaan modern.

5. Kota Pontianak

Gambaran Umum

Kota Pontianak, yang merupakan ibu kota Provinsi Kalimantan Barat, adalah pusat pemerintahan dan ekonomi provinsi ini.

Dengan infrastruktur yang relatif lebih maju dibandingkan daerah lain, Pontianak memiliki potensi besar untuk terus berkembang.

Sektor Perdagangan dan Jasa

Pontianak adalah pusat perdagangan dan jasa di Kalimantan Barat. 

Keberadaan berbagai fasilitas umum seperti pelabuhan, bandara, dan pusat perbelanjaan menjadikan kota ini sebagai pusat distribusi barang dan jasa. 

Pendapatan daerah atau PDRB per kapita Kota Pontianak mencapai Rp60,59 juta per tahun pada tahun 2021, menunjukkan tingginya aktivitas ekonomi di kota ini.

Pendidikan dan Kesehatan

Sebagai pusat pemerintahan, Pontianak memiliki berbagai fasilitas pendidikan dan kesehatan yang lengkap. 

Universitas Tanjungpura, sebagai universitas terbesar di Kalimantan Barat, berada di kota ini dan menjadi pusat pendidikan tinggi di provinsi ini. 

Selain itu, berbagai rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya mendukung kebutuhan masyarakat Pontianak dan sekitarnya.

Tantangan dan Peluang Pemekaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: