Ainun-Amir Jabat Ketua dan Sekretaris AMSI Jatim: Ketum AMSI Tekankan Pentingnya Ekosistem Media Digital

Ainun-Amir Jabat Ketua dan Sekretaris AMSI Jatim: Ketum AMSI Tekankan Pentingnya Ekosistem Media Digital

Ainun-Amir Jabat Ketua dan Sekretaris AMSI Jatim: Ketum AMSI Tekankan Pentingnya Ekosistem Media Digital.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Wahyu juga menyampaikan pentingnya memperbaiki hubungan antara media dan platform digital melalui kebijakan yang mendukung. 

Ia mengajak anggota AMSI untuk terus melakukan evaluasi internal demi keberlanjutan media.

"Eksternal kita perbaiki, ada tanggung jawab perpres publisher right, ini cara memperbaiki relasi dengan platform agar bermanfaat bagi kita. Selama ini kita tidak mendapatkan kontribusi yang seimbang. Nah, perpres ini bisa dinikmati perusahaan pers yang terverifikasi. Ini kami dorong agar anggota AMSI bisa segera terverifikasi faktual oleh Dewan Pers," ucap Wahyu.

Untuk evaluasi internal, media wajib tahu siapa yang mendapatkan manfaat dari produknya. 

Jika itu tercapai, maka bisa memonetisasi, karena model bisnis adalah value capture dan value monetization.

"Kalau kita tidak bisa mengambil itu, berarti produknya keliru atau identifikasi yang keliru. Kita harus cek market kita untuk dijual," pesannya.

Tantangan dan Peluang Era Digital

Wahyu juga mengingatkan bahwa era digital adalah era peluang sekaligus ancaman bagi media, karena pengguna internet terus tumbuh. Belum lagi kompetitornya semakin menjamur.

"Kita harus cari cara informasi macam apa yang dibuat dan dibutuhkan publik. Media kontennya harus berdasarkan fakta dan informasi yang benar," kata Wahyu.

Menjaga Jurnalisme dan Audiens

Di akhir sambutannya, Wahyu berpesan bahwa jurnalisme yang bagus bukan hanya untuk mencari uang, tetapi mencari uang untuk membuat berita yang menarik dan menghidupkan newsroom. 

Jika media tidak berpikir tentang audiens, maka dipastikan mereka hilang.

"Ini kesempatan sekaligus ancaman. AMSI harus punya peran di situ. AMSI Jatim harus jadi motor dan lokomotif media di Jawa Timur," tutup Wahyu.

Harapan Pengurus Lama dan Masa Depan AMSI Jatim

Dengan resmi dibukanya Konferwil III AMSI Jatim ini, diharapkan media siber di Jawa Timur dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi nyata bagi ekosistem media digital dan demokrasi di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: