Pemekaran Wilayah Provinsi Bengkulu: Empat Kabupaten Pilih Gabung Provinsi Daerah Otonomi Baru

Pemekaran Wilayah Provinsi Bengkulu: Empat Kabupaten Pilih Gabung Provinsi Daerah Otonomi Baru

Pemekaran Wilayah Provinsi Bengkulu: Empat Kabupaten Pilih Gabung Provinsi Daerah Otonomi Baru.-Palpos.id-Foto: Sefriana Putri /Palpos.id

Aspirasi masyarakat dan tokoh daerah menjadi dasar utama dalam proses ini, namun harus diimbangi dengan perencanaan matang dan koordinasi baik antara berbagai pihak terkait. 

Masa depan pemekaran wilayah di Indonesia akan terus berkembang, dan Provinsi Bengkulu adalah salah satu contohnya yang mencerminkan dinamika dan kompleksitas proses tersebut.

Pemekaran Wilayah Provinsi Bengkulu: Muncul Usulan Pembentukan Daerah Otonomi Baru Provinsi Lembah Pesisir.

Gagasan Pemekaran Provinsi Lembah Pesisir Mendapatkan Dukungan Tokoh-Tokoh Bengkulu

Gagasan pemekaran wilayah di Indonesia sering kali muncul sebagai jawaban atas ketidakpuasan terhadap distribusi pembangunan yang dianggap tidak merata. 

Di Provinsi Bengkulu, meski upaya pembentukan Provinsi Sumatera Tengah sebelumnya gagal, semangat untuk menciptakan daerah otonomi baru tidak surut. 

Kini, muncul usulan pembentukan Provinsi Lembah Pesisir, yang mendapat dukungan dari lima kabupaten yaitu Kepahiang, Rejang Lebong, Lebong, Bengkulu Utara, dan Mukomuko.

Dukungan dari Tokoh-Tokoh Penting

Usulan ini masih berada dalam tahap awal penjajakan, namun mendapat dukungan kuat dari sejumlah tokoh penting di kelima kabupaten tersebut. 

Drs. HM. Thobari Mu’ad, SH, Staf Ahli Bupati Kepahiang Bidang Politik dan Hukum, mengungkapkan bahwa persiapan pembentukan presidium pemekaran provinsi tersebut akan segera direalisasikan dalam waktu dekat.

Para tokoh masyarakat yang telah memberikan dukungan antara lain adalah mantan Bupati Rejang Lebong, Drs. Wahidun Djangjaya, HA. Hijazi, SH, dan H. Jambak Hasan dari Rejang Lebong. 

Selain itu, Ketua DPRD Lebong, Arman Mursalin, serta mantan ketua presidium pemekaran Kabupaten Kepahiang, H. Zainuri Mayang, juga turut mendukung gagasan ini.

Pendukung dari Mukomuko dan Bengkulu Utara juga telah dihubungi, meskipun belum disebutkan tokoh-tokoh spesifik dari kedua kabupaten tersebut yang mendukung rencana pemekaran ini. 

Thobari menjelaskan bahwa pemekaran provinsi ini dianggap layak dan penting untuk mempercepat pertumbuhan dan pembangunan daerah.

Alasan di Balik Pemekaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: