Kemenkumham Sumsel Gelar Rapat Monev Pelaksanaan SPAK-SPKP serta Indeks Integritas Organisasi

Kemenkumham Sumsel Gelar Rapat Monev Pelaksanaan SPAK-SPKP serta Indeks Integritas Organisasi

--

INFORIAL, PALPOS.ID-Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan (Kemenkumham Sumsel) baru-baru ini menyelenggarakan Rapat Monitoring dan Evaluasi (Monev) yang berfokus pada pelaksanaan Survei Persepsi Anti Korupsi (SPAK) dan Survei Persepsi Kualitas Pelayanan (SPKP) serta Indeks Integritas Organisasi.

Kegiatan ini berlangsung di Aula Musi Kanwil Kemenkumham Sumsel pada hari Senin, 12 Agustus 2024, dan dibuka langsung oleh Kepala Bidang HAM, Ria Wijayanti Estiko, yang membacakan sambutan dari Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Ika Ahyani Kurniawati.

Dalam sambutannya, Ria Wijayanti Estiko menegaskan pentingnya rapat ini sebagai momentum untuk terus memperbaiki kualitas pelaksanaan survei SPAK-SPKP serta survei Indeks Integritas Organisasi.

"Kegiatan ini merupakan kesempatan untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh instansi kami," ujar Ria.

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel wujudkan dapur sehat lapas dan rutan

BACA JUGA:Tingkatkan Pengawasan dan Pembinaan Notaris, Kemenkumham Sumsel Gelar Rakor Majelis Pengawas Notaris

Dia juga menyoroti pentingnya pemanfaatan teknologi informasi dalam proses survei, yang memungkinkan pengumpulan data yang lebih akurat dan komprehensif mengenai kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan.

Ria Wijayanti Estiko menjelaskan bahwa pelaksanaan monitoring dan evaluasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa pelaksanaan survei SPAK-SPKP dilakukan sesuai dengan petunjuk teknis yang telah ditetapkan.

"Data dukung yang kami sampaikan kepada Badan Strategi Kebijakan Hukum dan Hak Asasi Manusia adalah hasil kompilasi laporan survei SPAK-SPKP dari seluruh satuan kerja yang ada di lingkungan Kemenkumham," tambahnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Adrian Agustiansyah, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Selatan, yang bertindak sebagai narasumber.

BACA JUGA: Penuh Semangat, Jajaran Kemenkumham Sumsel Jalan Santai Meriahkan Hari Pengayoman ke-79

BACA JUGA: Kumham Berbagi, Kemenkumham sumsel Gelar Bakti Sosial di Panti Asuhan

Adrian menyampaikan materi mengenai pentingnya pelayanan publik yang berlandaskan pada nilai-nilai inti ASN, yaitu BerAKHLAK, yang merupakan singkatan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Dalam penjelasannya, Adrian menekankan bahwa setiap instansi atau lembaga harus mematuhi nilai-nilai tersebut untuk memastikan bahwa pelayanan publik yang diberikan tidak hanya berkualitas tetapi juga sesuai dengan harapan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: