Sedot Animo Masyarakat Muba, Festival Bongen Sukses Meriahkan HUT RI ke-79

Sedot Animo Masyarakat Muba, Festival Bongen Sukses Meriahkan HUT RI ke-79

Pj Bupati Muba Sandi Fahlepi bersama masyarakat Muba di Festival Bongen.-@kominfomuba-dokumen/palpos

SEKAYU, PALPOS. ID - Sejak pukul 14.00 WIB 17 Agustus 2024, masyarakat memadati Taman Air Sekayu depan Rumah Dinas Bupati Muba untuk menyaksikan Festival Bongen 2024, kegiatan ini mampu menyedot ribuan masyarakat Muba.

Festival yang diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT RI ke-79 ini diisi dengan berbagai kegiatan, mulai dari panggung kreativitas anak muda, modern dance, fashion show, serta disediakan lapak kuliner.

Sambutan masyarakat tambah lebih meriah karena artis ibukota Fandy Santoso vokalis Band Kerispatih ditampilkan pada malam puncaknya.

Pj Bupati Muba H Sandi Fahlepi yang hadir langsung dan berbaur dengan masyarakat pada kegiatan tersebut mengatakan, Festival Bongen merupakan event tahunan yang diadakan Pemerintah Kabupaten Muba melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata tahun 2024, yang bertepatan dengan Peringatan HUT RI ke-79.

BACA JUGA:75 Anggota Paskibraka Kabupaten Muba Tahun 2024 dikukuhkan

BACA JUGA:Jembatan di Lalan Putus, Pemkab Muba Pertegas Kapal Angkut Batu bara Harus Bertanggungjawab

"Kami berharap kegiatan ini bisa memberikan hiburan yang bermanfaat dan suasana yang harmonis untuk seluruh warga Kabupaten Muba, sehingga memberikan dampak positif dari setiap kondisi yang ada pada saat ini. Saya yakin semua bisa menikmati pesta rakyat ini dengan penuh suka ria, dan bergembira, melihat dari antusias masyarakat Muba yang hadir malam ini," ujarnya.

H Sandi Fahlepi berharap masyarakat dapat mengartikan acara ini dengan baik dan bijak. Bahwa Festival Bongen tidak semata-mata harus dilaksanakan di Sungai Musi dengan keadaan air yang sedang surut dan terlihat pasir di dasar sungai. Namun acara ini bertujuan untuk menjadikan momen Bongen tersebut sebagai branding untuk Kabupaten Musi Banyuasin bahwa terdapat destinasi wisata tahunan dan musiman di Muba yaitu Pantai Bongen.

"Kami berharap dengan kegiatan ini masyarakat Muba dapat menjaga dan merawat serta mempromosikan ke khalayak mengenai Festival Bongen sehingga bisa meningkatkan promosi pariwisata dan menambah jumlah kunjungan ke Kabupaten Muba yang nantinya akan memberikan dampak positif bagi peningkatan ekonomi daerah," ucapnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Muba M Fariz SSTP MM melaporkan bahwa penyelenggaraan Festival Bongen ini merupakan kegiatan dari Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Muba yaitu Program Peningkatan Daya Tarik Destinasi Wisata.

BACA JUGA:Subsatgas Tutup 72 Titik Sumur Ilegal dusun 5 desa Sri Gunung Muba

BACA JUGA:Sigap, BPBD Muba Bersama Basarnas Cari 5 Korban Tenggelam Akibat Jembatan Ambruk di Lalan

"Festival Bongen merupakan event ketiga di tahun 2024, sebelumnya ada Festival di Kecamatan Keluang, dan Festival Embung Senja di Kecamatan Babat Supat, kemudian pada 31 Desember 2024 nanti akan diadakan juga Festival di Kecamatan Bayung Lencir. Tiga event luar kota Sekayu ini merupakan apresiasi bagi desa wisata yang ada di Kabupaten Muba," terangnya.

Lanjut Fariz, tujuannya selain mempersiapkan keunggulan daya tarik wisata di Muba, juga menjadikan Festival Bongen sebagai branding untuk Kabupaten Muba.

"Bongen merupakan destinasi yang dimiliki oleh Kabupaten Muba, yang baik untuk kita tambah kesiapan kegiatan atraksinya kedepan, untuk kita promosikan lagi. Tahun depan telah kita tambahkan program lain yang menunjang festival Bongen ini, untuk itu dibutuhkan dukungan dari semua pihak," kata Kadispopar Muba.

Ia juga menyampaikan informasi kepada masyarakat bahwa pada November dan Desember 2025 nanti Muba akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi ke-15 dan Pekan Paralimpik ke-5 Tingkat Provinsi Sumatera Selatan. "Oleh sebab itu kita persiapkan semua untuk menjamu para atlet dan official di Kabupaten Muba," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: