Perusahaan Media Mulai Gunakan REC PLN, Wujud Komitmen Pemanfaatan Energi Bersih

Perusahaan Media Mulai Gunakan REC PLN, Wujud Komitmen Pemanfaatan Energi Bersih

Perusahaan Media Mulai Gunakan REC PLN, Wujud Komitmen Pemanfaatan Energi Bersih--humas PLN

JAKARTA, PALPOS.ID – Perusahaan media kini mulai menggunakan energi bersih energi ramah lingkungan melalui layanan Renewable Energy Certificate (REC) dari PT PLN (Persero).

Kolaborasi perdana ini ditunjukkan PLN bersama Kumparan sebagai komitmen nyata mendukung penggunaan energi ramah lingkungan di beberapa sektor termasuk media massa.

Penyerahan REC PLN setara 393 Megawatt hour (MWh) dilakukan dalam soft launching Green Initiative pada Rabu (21/8).

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan, REC adalah bentuk nyata PLN dalam mendorong penggunaan energi bersih di berbagai sektor industri termasuk media massa.

BACA JUGA:Pasang 118 Mikro PLTS, PLN Listriki Warga Tiga Pulau di Pangkep Dengan Energi Bersih

Penjualan REC ini juga memperkuat posisi PLN dalam mendukung daya saing industri nasional dengan memberikan opsi energi yang ramah lingkungan.

REC merupakan bentuk layanan PLN yang memudahkan pelanggan untuk mendapatkan pengakuan atas penggunaan EBT yang transparan, akuntabel, dan diakui secara internasional.

Setiap sertifikat REC membuktikan listrik yang digunakan pelanggan berasal dari pembangkit EBT.

"REC merupakan salah satu inovasi produk hijau yang dimiliki PLN, di mana REC juga ada untuk validasi suatu perusahaan bahwa tenaga listrik yang digunakan berasal dari energi listrik hijau dan terverifikasi," kata Darmawan. 

BACA JUGA:Operasional Terganggu dan Pendapatan Berkurang, Perumda Tirta Prabujaya Layangkan Surat ke PLN

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya Lasiran menjelaskan Kumparan membeli REC sistem unbundling sebanyak 393 unit yang bersumber dari pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Cirata. Dengan pembelian ini, menunjukkan REC PLN kian diminati pelanggan.

“Kami siap melayani kebutuhan pelanggan akan energi bersih, salah satunya melalui REC,” kata Lasiran.

Lasiran menambahkan, sejak Januari hingga Juli 2024, di Jakarta dan sekitarnya, tercatat sudah ada 160 pelanggan yang membeli REC dengan total 286.828 MWh.

Founder & CEO Kumparan, Hugo Diba menegaskan komitmen Kumparan untuk menjadi pelaku industri yang aktif dan berpartisipasi dalam mendukung energi bersih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: