PLN Gandeng Rumah BUMN Kota Jambi Gelar Pelatihan Gratis Sertifikasi Halal bagi UMKM

PLN Gandeng Rumah BUMN Kota Jambi Gelar Pelatihan Gratis Sertifikasi Halal bagi UMKM

PLN Gandeng Rumah BUMN Kota Jambi Gelar Pelatihan Gratis Sertifikasi Halal bagi UMKM--

Peduli Dukung Kemajuan Usaha Lokal

JAMBI, PALPOS.ID – PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu (UID S2JB) semakin menunjukkan komitmennya dalam mendukung kemajuan UMKM lokal.

Melalui program PLN Peduli, PLN UID S2JB berkolaborasi dengan Rumah BUMN Jambi dan Badan Penyelggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) mengadakan pelatihan sertifikasi halal gratis untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Jambi.

Inisiatif ini bertujuan mempermudah UMKM mendapatkan sertifikasi halal, meningkatkan daya saing, dan memperluas pangsa pasar.

Pelatihan yang digelar pada Jumat, 20 September 2024, di Rumah BUMN Jambi ini menghadirkan Zuhratul Aulia, seorang ahli dari BPJPH, sebagai pemateri.

BACA JUGA:PLN Imbau Waspada Hujan Lebat, Ini 5 Langkah Antisipasi untuk Bahaya Kelistrikan

Sebanyak 20 pelaku UMKM dari sektor makanan dan minuman antusias mengikuti pelatihan ini, di mana mereka mendapat pemahaman mendalam mengenai regulasi dan proses sertifikasi halal serta langsung mempraktikkan pembuatan akun SI HALAL untuk pengajuan sertifikasi.

Yusrialy, pemilik UMKM RAN FOOD, mengaku senang dengan pelatihan ini. “Sebelumnya saya merasa proses sertifikasi halal sangat rumit.

Tapi dengan penjelasan yang mudah dipahami dari Bu Zuhratul, saya jadi lebih yakin untuk mengurusnya. Pelatihan ini sangat membantu kami, UMKM, untuk lebih percaya diri memasarkan produk,” ungkap Yusrialy.

General Manager PLN UID S2JB, Adhi Herlambang, menjelaskan bahwa pelatihan ini adalah bagian dari upaya PLN mendukung UMKM lokal melalui Program PLN Peduli.

BACA JUGA:Upaya Kurangi Emisi Karbon, Pabrik Ajinomoto Gunakan Listrik Bersih PLN dengan 219 Ribu Unit REC Per Tahun

“Kami merasa bangga bisa berkontribusi melalui Rumah BUMN Jambi dalam membina UMKM. Sertifikasi halal ini merupakan langkah penting bagi para pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas produk, membuka akses pasar yang lebih luas, dan meningkatkan daya saing. Melalui PLN Peduli, kami ingin UMKM bisa lebih berdaya dan mandiri,” kata Adhi.

Program sertifikasi halal gratis ini diharapkan tidak hanya membantu UMKM di Jambi meraih sertifikat halal, tetapi juga memperkuat daya saing mereka di tingkat nasional.

Rumah BUMN Jambi sebagai mitra PLN Peduli berkomitmen untuk terus mendampingi dan memberikan pelatihan kepada UMKM, guna mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan menciptakan lapangan kerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: