Toyota Corolla DX KE70: Ikon Retro yang Tetap Diminati di Dunia Otomotif Indonesia

Toyota Corolla DX KE70: Ikon Retro yang Tetap Diminati di Dunia Otomotif Indonesia

Toyota Corolla DX KE70: Ikon Retro yang Tetap Diminati di Dunia Otomotif Indonesia. foto : #ig_cardique--

PALPOS.ID-Generasi keempat Toyota Corolla dirilis pada bulan Maret 1979 di Jepang dan menjadi tonggak sejarah penting bagi dunia otomotif global.

Mengusung konfigurasi penggerak roda belakang (RWD), Corolla generasi ini dikenal sebagai yang terakhir menawarkan jajaran lengkap model dengan sistem penggerak tersebut.

Penjualan ekspor dimulai pada bulan Agustus 1979, dan meski sebagian besar model generasi keempat ini digantikan pada tahun 1984, varian station wagon dan van masih ditawarkan hingga akhir 1987.

Pada puncak kejayaannya, produksi harian Corolla mencapai angka yang mencengangkan, yaitu rata-rata 2.346 unit pada tahun 1980.

BACA JUGA:Chery Rilis Omoda 5 Facelift di Rusia, Apa Saja Perubahan Besarnya?

BACA JUGA:BMW E30: Dari Lintasan Balap ke Layar Perak, Ikon yang Abadi

Salah satu momen bersejarah lainnya adalah pada Februari 1983, ketika unit Corolla ke satu juta dari seri 70 diproduksi, dengan dirilisnya "Edisi Satu Juta" terbatas di Jepang.

Namun, kisah Corolla DX, yang dikenal dengan kode KE70, tak hanya terhenti di Jepang.

Corolla DX berhasil menancapkan akar yang kuat di pasar Indonesia, yang dimulai pada tahun 1980. Kehadirannya menjadi pilihan kendaraan yang begitu diminati, terutama karena daya tahannya, desain yang sederhana namun fungsional, serta kehandalan mesin.

Toyota Corolla DX juga menjadi mobil pertama bagi banyak orang, dan hingga kini, ia tetap mempertahankan statusnya sebagai mobil retro yang diincar oleh kolektor maupun penggemar modifikasi.

BACA JUGA:Suzuki Sidekick: Sang Legenda SUV Entry-Level yang Tetap Dicintai dari Era 90-an

BACA JUGA:Genesis G80 Electrified: Sedan Mewah Ramah Lingkungan di Balik Kesuksesan KTT G20 Bali

Toyota menghadirkan beberapa varian Corolla DX di Indonesia, termasuk sedan 2 pintu, 4 pintu, dan station wagon.

Untuk pilihan mesin, tersedia dari 1.300 cc, 1.500 cc, 1.600 cc, hingga 2.000 cc, meski untuk pasar Indonesia varian yang paling populer adalah mesin 1.290 cc atau 1.3L dengan kode 4K-U.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: