UMKM Mitra Binaan Pertamina Kerjasama Ekspor dengan JUTAMAS Malaysia

UMKM Mitra Binaan Pertamina Kerjasama Ekspor dengan JUTAMAS Malaysia

UMKM Putra Abadi mitra binaan Pertamina Patra Niaga menjalin kerjasama eskpor biji kopi dengan JUTAMAS Food Industries SDN BHD Malaysia. Foto: Ist--

BATURAJA, PALPOS.ID - UMKM Putra Abadi mitra binaan Pertamina Patra Niaga menjalin kerjasama eskpor biji kopi dengan JUTAMAS Food Industries SDN BHD Malaysia setelah mengikuti ajang Trade Expo Indonesia (TEI) 2024 pada 9-12 Oktober 2024.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan, Rabu 16 Oktober 2024 mengatakan bahwa keikutsertaan Putra Abadi dalam TEI 2024 berbuah manis dengan terjalinnya Memorandum of Understanding (MoU) bersama JUTAMAS Food Industries SDN BHD Malaysia senilai 50.000 USD.

Dia mengatakan, TEI 2024 menjadi platform strategis bagi UMKM untuk memasarkan produk berstandar ekspor, memperluas jaringan bisnis, dan memperkuat kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional serta peningkatan daya saing lokal.

MoU ini membuktikan bahwa kopi dan produk unggulan Kota Pagaralam, Sumsel memiliki potensi besar di pasar global sekaligus mencerminkan sinergi efektif antara usaha mikro dan mitra internasional.

"Kerjasama ini tentunya membuka peluang ekspansi bisnis dan memperkenalkan kekayaan cita rasa nusantara di tingkat global," katanya.

Menurut dia, selain menambah pengalaman, keberhasilan Putra Abadi ini juga membuka pintu bagi mitra binaan lainnya untuk go global.

BACA JUGA:Samsat OKU Sebar Brosur Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor

BACA JUGA:Pompa Intake Terbakar, Distribusi Air Bersih Ke Pelanggan Terganggu

"Capaian ini adalah bukti nyata bahwa produk lokal, khususnya kopi Pagaralam mampu berkompetisi di pasar internasional. Partisipasi dalam pameran seperti TEI memberikan pengalaman dan peluang berharga bagi mitra binaan untuk mengembangkan jaringan dan meningkatkan daya saing," ungkap Nikho.

Dia menegaskan, dukungan Pertamina dalam kegiatan ini sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya Tujuan 8: Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi yang mendorong penciptaan peluang usaha berkelanjutan serta peningkatan kesejahteraan pelaku usaha mikro.

Selain itu, inisiatif ini juga selaras dengan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) yang menjadi pijakan Pertamina dalam mendukung keberlanjutan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat di berbagai daerah.

Sementara, Direktur JUTAMAS Food Industries, Mohamad Zareman mengungkapkan kekagumannya terhadap produk Putra Abadi setelah mencicipi kopi dan keripik unggulan mereka.

"Cita rasa kopi dan aneka keripik dari Putra Abadi sangat khas dan lezat. Ini yang membuat kami yakin bekerja sama untuk menghadirkan produk ini di pasar kami," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, pemilik Putra Abadi, Weni Bastian yang terpilih menjadi salah satu dari 44 UKM binaan Pertamina dari seluruh Indonesia yang berpartisipasi dalam TEI 2024 mengaku bangga dan bersyukur atas kesempatan tersebut.

"Dengan adanya kerjasama internasional ini membuktikan bahwa produk mitra binaan mampu bersaing di pasar ekspor. Kami berharap kerjasama ini menjadi jalan untuk semakin memperkenalkan produk lokal di kancah internasional," kata Weni. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: