Timori Roadster 200, Motor Gagah Buatan Dalam Negeri yang Gagal Lahir.

Timori Roadster 200, Motor Gagah Buatan Dalam Negeri yang Gagal Lahir.

Timori Roadster 200, Motor Gagah Buatan Dalam Negeri yang Gagal Lahir. -Foto:@facebook_Industry Made in Indonesia-

PALPOS.ID - Saat publik menyebut nama Timor, yang langsung terlintas di benak adalah mobil sedan nasional yang sempat menggebrak pasar otomotif Indonesia di akhir 1990-an.

Namun, di balik gemerlapnya mobil sedan Timor, ada sebuah upaya ambisius lain dari PT Timor Putra Nasional (TPN) — yaitu menciptakan motor nasional yang diberi nama Timori Roadster 200.

Motor ini bukan sekadar proyek sampingan.

Ia adalah bagian dari visi besar Orde Baru untuk membangun industri otomotif nasional yang mandiri, menyeluruh, dan berbasis produksi dalam negeri.

BACA JUGA:Toyota Kijang Grand Extra: MPV Legendaris Era 90-an yang Tetap Dicari Hingga Kini

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Bangka Belitung: Usulan Pembentukan Kota Tanjung Pandan Jadi Pusat Pariwisata

Sayangnya, jejak Timori Roadster 200 kini hampir hilang dari ingatan publik.

Padahal, motor ini pernah digadang-gadang akan menjadi pesaing serius motor-motor Jepang yang mendominasi pasar Tanah Air.

Latar Belakang: Visi Besar di Balik Motor Timori

Pada tahun 1996, TPN membentuk anak usaha khusus bernama PT Timor Putra Bangsa.

BACA JUGA:Honda Civic Ferio, Sedan Tahun 90-an yang Masih Jadi Primadona Anak Muda

BACA JUGA:Alfa Romeo Giulia Sprint GT Veloce: Keabadian dalam Wujud Coupe Italia.

Perusahaan ini didirikan untuk mengembangkan lini sepeda motor nasional dengan filosofi dan pendekatan yang tak jauh berbeda dengan proyek mobil Timor.

Visi mereka sangat jelas: menciptakan motor buatan anak bangsa dengan kualitas ekspor, namun harga terjangkau untuk masyarakat Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: