Pemekaran Wilayah Provinsi Jambi, Ternyata Ini Asal Nama Kota Sungai Penuh Calon Ibukota Provinsi Baru

Sabtu 19-08-2023,07:01 WIB
Reporter : Bambang
Editor : Bambang

Yaitu, Kota Sungai Penuh, Kabupaten Kerinci, Kabupaten Bungo, Kabupaten Tebo, Kabupaten Sarolangun, dan Kabupaten Merangin.

Sedangkan rencana ibukota Provinsi Jambi Barat sendiri berada di Kota Sungai Penuh yang dinilai memiliki fasilitas lengkap dari daerah lainnya.

BACA JUGA:Bikin Heboh! FJB Usul Pembentukan Provinsi Jambi Barat Pemekaran Provinsi Jambi

BACA JUGA:5 Kecamatan Penduduk Paling Ramai di Kabupaten Kepulauan Tanimbar Calon Ibukota Provinsi Maluku Tenggara Raya

2.Provinsi Puncak Andalas

Pembentukan Provinsi Puncak Andalas ini merupakan pemekaran gabungan 3 provinsi, yakni Provinsi Jambi, Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Bengkulu.

Sebab, ada 1 kota dan 5 kabupaten yang berasal dari ketiga provinsi tersebut. Yakni Kabupaten Muko-muko Provinsi Bengkulu.

Kemudian, ada Kota Sungai Penuh, Kabupaten Kerinci, Kabupaten Merangin, ketiganya dari daerah Provinsi Jambi. Termasuk calon Kabupaten Kerinci Hilir pemekaran Kabupaten Kerinci.

Sedangkan 2 kabupaten lagi dari Provinsi Sumatera Barat yaitu Kabupaten Solok Selatan dan Kabupaten Pesisir Selatan. Termasuk calon Kabupaten Renah Indojati pemekaran Kabupaten Pesisir Selatan.

BACA JUGA:4 Wisata Glamping Seru di Provinsi Jawa Timur, Bisa Camping Dengan Gaya Bintang Lima

BACA JUGA:Profil dan Potensi 7 Calon Provinsi Baru di Indonesia yang Memenuhi Syarat PP 78 Tahun 2007

Sedangkan untuk rencana ibukota Provinsi Puncak Andalas sendiri akan berada di Kota Sungai Penuh yang merupakan satu-satunya kota yang bergabung.

Usulan pembentukan Provinsi Puncak Andalas merupakan aspirasi warga dan tokoh masyarakat. Salah satu penggagas Provinsi Puncak Andalas yakni Marzuki Usman mantan Menteri Pariwisata era Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

3.Provinsi Sumatera Tengah

Terakhir ada juga usulan Provinsi Sumatera Tengah pemekaran gabungan tiga provinsi, yakni Provinsi Jambi, Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Riau.

Ada 1 kota dan 6 kabupaten siap bergabung provinsi baru Provinsi Sumatera Tengah. Satu kabupaten dari Provinsi Riau yakni Kabupaten Kuantan Singingi atau Kabupaten Kuansing.

Kategori :