Tanaman Microgreens yang Dapat Ditanam

Selasa 21-11-2023,06:50 WIB
Reporter : Oma Ina
Editor : Bambang

1. Lobak

Lobak merupakan tanaman hijau mikro. Benih ini berkembang dengan cepat , 1-2 hari, dalam kondisi hangat maupun dingin, dan dapat tumbuh dengan cepat. Lobak bisa dipanen dalam waktu 5-10 hari. 

BACA JUGA:Klinik Pratama PTPN VII Palembang Resmi Ikuti Proses Akreditasi: Menuju Pelayanan Kesehatan Berkualitas

BACA JUGA:12 Manfaat Bunga Pepaya Bagi Kesehatan, Salah Satunya Mengurangi Asma

Lobak kaya akan mineral, vitamin dan antioksidan. Lobak terbukti memiliki sifat mencegah kanker. 

Lobak biasanya dipanen saat sepasang daun asli pertma mulai tumbuh,  yang disebut juga sebagai tahap kotiledon. Jangan terlalu lama untuk dipanen, karena sayuran ini akan menjadi sedikit berkayu.

Microgreens lobak memiliki rasa pedas dan empuk serta renyah. Bisa dijadikan sebagai hiasan yang bagus dan menambah sedikit  rasa pedas dan waarna pada salad. 

2. Brokoli

Brokoli dewasa dipandang sebagai makanan super, penuh mineral, vitamin C dan A, serta tinggi zat besi. Microgreens brokoli memiliki nutrisi yang sama banyaknya dengan sayuran yang berukuran besar.

BACA JUGA:6 Manfaat Bunga Matahari Untuk Kesehatan dan Kecantikan

BACA JUGA:KSP Sahabat Mitra Sejati, Sampoerna Agro dan Bank Sampoerna Serahkan Alat Kesehatan dan Sembako

Microgreens brokoli mengandung senyawa yang disebut sulforaphane yang berdampak pada kanker, penuaan, kematian, penyakit jantung, otak serta perilaku. Sulforaphane peka terhadap panas, hindari memasak sayuran mikro brokoli, sebaiknya dimakan dalam keadaan mentah.

3. Mesclun

Mesclun adalah campuran berbagai macam salad saluran termasuk urugula, selada, endive, chervil, baby bayam, swiss chard, dandelion, sorel, serta sayuran berdaun lainnya. 

Daripada menanam berbagai jenis sayuran hijau lalu mencampurkannya, lebih baik menanam semuanya sekaligus dari awal. Bisa membeli campuran mesclun yang sudah jadi atau menggabungkan benih sendiri.

4. Bit

Kategori :