OJK Inisiasi Sekretariat Bersama Atasi Tantangan Ekonomi dan Sosial di Sumatera Selatan dan Babel

Rabu 10-07-2024,22:17 WIB
Reporter : Bambang
Editor : Yan

Sebanyak 1.421 kasus di antaranya terjadi di Sumsel, sedangkan Kepulauan Bangka Belitung mencatat 347 kasus.

BACA JUGA:Yuk Kenali Daftar 223 Pinjol Ilegal yang Diblokir OJK Januari-Februari 2024 !

BACA JUGA:Tingkatkan Literasi Keuangan, BNI dan OJK Ajak Pelajar Kenali Program SiMud

Edukasi dan Perlindungan Konsumen: Langkah Proaktif OJK

Deputi Direktur Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen OJK Provinsi Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung, Tito Adji Siswantoro, menjelaskan terdapat lima jenis kasus Pinjol yang umum terjadi: petugas penagihan, legalitas non-LJK, pembukaan tanpa/tidak persetujuan, jumlah tagihan/sanggah transaksi, dan fraud external.

“Edukasi terus dilakukan OJK untuk melindungi konsumen melalui berbagai kegiatan. Selain itu, himbauan juga gencar kami lakukan agar masyarakat selektif memilih Pinjol dan memastikan legalitasnya dengan mengecek di OJK,” kata Tito di Yogyakarta, Selasa 9 Juli 2024 malam.

Sebagai lembaga keuangan, tugas OJK adalah mengawasi perilaku usaha jasa keuangan dan melakukan edukasi. 

Edukasi perlindungan konsumen dilakukan melalui edukasi keuangan dan program literasi keuangan. 

Semua kalangan, mulai dari komunitas kepemudaan, milenial, pelajar, mahasiswa, organisasi perempuan, UMKM, hingga disabilitas, disasar oleh OJK untuk mengedukasi keuangan. Program literasi keuangan dilaksanakan melalui Gerakan Sumsel Lumbung Literasi (GSLL) dan Generasi Literasi dan Inklusi Keuangan Masyarakat Sumatera Selatan (Gen LIMAS).

Capaian dan Harapan OJK

Sejak Januari hingga Juni 2024, OJK Sumsel dan Kepulauan Babel telah melaksanakan 43 kegiatan edukasi perlindungan konsumen dengan total 5.875 peserta. 

Setelah mengedukasi masyarakat, OJK berharap masyarakat paham dalam memilih Pinjol sehingga kasus Pinjol ilegal bisa menurun.

Dampak Positif dan Harapan Masa Depan

Dengan berbagai langkah dan inisiatif yang dilakukan oleh OJK bersama Pemerintah Daerah dan sektor swasta, Sumatera Selatan dan Bangka Belitung menunjukkan tanda-tanda perbaikan ekonomi dan penurunan tingkat kejahatan. 

Diharapkan, langkah-langkah ini akan terus berlanjut dan memberikan dampak positif yang lebih besar di masa depan, menciptakan lingkungan yang aman dan ekonomi yang kuat demi kesejahteraan seluruh warga. *

Kategori :