Pemekaran Wilayah Sumatera Barat: Empat Kabupaten Pilih Pisah dan Gabung Dua Provinsi Daerah Otonomi Baru

Rabu 24-07-2024,08:20 WIB
Reporter : Bambang
Editor : Yan

SUMATERA BARAT, PALPOS.ID - Pemekaran Wilayah Sumatera Barat: Empat Kabupaten Pilih Pisah dan Gabung Dua Provinsi Daerah Otonomi Baru.

Pemekaran wilayah di Indonesia terus menjadi topik hangat, dengan beberapa kabupaten di Provinsi Sumatera Barat menyatakan niat untuk memisahkan diri dan bergabung dengan dua provinsi daerah otonomi baru (DOB). 

Keempat kabupaten tersebut adalah Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Sijunjung, dan Kabupaten Dharmasraya.

Kabupaten yang Memilih Berpisah

Dua kabupaten, yaitu Kabupaten Solok Selatan dan Kabupaten Pesisir Selatan, menyatakan niat untuk bergabung dengan calon Provinsi Puncak Andalas. 

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Sumatera Barat: Usulan Dua Provinsi Daerah Otonomi Baru Buat Kabupaten Solok Selatan Bingung

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Sumatera Barat: Ajukan Pembentukan Dua Provinsi Daerah Otonomi Baru Gabung Provinsi Lain

Selain itu, calon kabupaten Renah Indojati yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Pesisir Selatan juga akan bergabung dengan Provinsi Puncak Andalas.

Di sisi lain, tiga kabupaten, yakni Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Sijunjung, dan Kabupaten Dharmasraya, memilih untuk bergabung dengan calon Provinsi Sumatera Tengah.

Tidak Ada Pemekaran dari Provinsi Sumatera Barat

Meskipun terdapat usulan pemekaran wilayah di beberapa kabupaten, Provinsi Sumatera Barat secara resmi tidak mengajukan pemekaran wilayah atau pembentukan provinsi baru. 

Namun, desakan dan aspirasi untuk pemekaran daerah di tingkat kabupaten terus bergulir.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Sumatera Barat: Usulan Pembentukan Kabupaten Daerah Otonomi Baru Kabupaten Lima Puluh Kota

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Sumatera Barat: Perjuangkan Pembentukan Daerah Otonomi Baru Kabupaten Renah Indojati

Usulan Pembentukan Dua Provinsi Baru

Kategori :