Kemenkumham Sumsel Gelar Donor Darah dan Pemeriksaan Kesehatan dalam Rangka Hari Pengayoman ke-79

Kamis 08-08-2024,11:42 WIB
Reporter : Septi
Editor : Bambang

Target untuk donor darah di tingkat Kantor Wilayah dan UPT se-Indonesia adalah 7.000 kantong. Kanwil Sumsel sendiri telah berhasil menyumbangkan 57 kantong darah.

Rahmi menambahkan bahwa sebenarnya jumlah ini bisa mencapai angka 100 kantong, namun banyak pegawai yang tidak lolos skrining kesehatan.

Beberapa alasan ketidaklolosan termasuk indeks massa tubuh (BMI) yang tidak sesuai, kadar hemoglobin (HB) yang kurang, serta tekanan darah yang rendah.

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Ikuti Webinar Cerdas Menuju Indonesia Emas

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Maksimalkan Layanan Informasi Melalui PPID

“Kanwil Sumsel sendiri sudah menyumbangkan 57 kantong darah. Sebenarnya bisa mencapai angka 100, akan tetapi ketika skrining kesehatan banyak pegawai yang memiliki BMI tidak sesuai, HB kurang, bahkan tensi darah yang rendah. Ini baru di tingkat kanwil, ya, belum di tingkat UPT Pemasyarakatan dan Imigrasi se-Sumsel,” tambah Rahmi.

Selain kegiatan donor darah, Kemenkumham Sumsel juga menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan bagi para pegawai.

Dalam hal ini, Kemenkumham Sumsel bekerja sama dengan Parahita Diagnostic Center serta tenaga kesehatan yang ada di Lapas/Rutan kota Palembang.

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Hadirkan Layanan Kekayaan Intelektual di Legal Expo 2024

BACA JUGA: Tahanan Rutan Pakjo Meninggal, Ini Penjelasan Kemenkumham Sumsel

Pemeriksaan kesehatan ini meliputi berbagai tes seperti pemeriksaan kolesterol, gula darah, asam urat, hingga pengecekan BMI (Body Mass Index).

“Dari pendataan kami ada 190 pegawai yang mengikuti pemeriksaan kesehatan, mulai dari pemeriksaan kolesterol, gula darah, asam urat, hingga pengecekan BMI. Untuk kaum hawa kami juga memberikan pemeriksaan kesehatan meliputi skrining kanker serviks, pemeriksaan palpasi payudara dan pap smear,” lanjut Rahmi.

Rahmi menekankan pentingnya menjaga kesehatan pegawai, karena kondisi fisik dan psikis yang sehat merupakan syarat utama untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Buka Layanan Paspor di Mal

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Buka Legal Expo di Mall, Ini Layanan yang Bisa Dimanfaatkaan Masyarakat

Oleh karena itu, kegiatan pemeriksaan kesehatan ini diharapkan dapat membantu para pegawai dalam menjaga dan memantau kondisi kesehatan mereka.

Kategori :