Harga Minyak Dunia Menguat: Dampak Badai Francine dan Penurunan Stok Minyak Mentah AS

Selasa 17-09-2024,16:00 WIB
Reporter : Bambang
Editor : Yen_har

Meskipun demikian, kekhawatiran akan permintaan minyak dari China, yang merupakan konsumen minyak terbesar di dunia, terus membayangi optimisme pasar terkait potensi peningkatan harga minyak.

Dampak Badai Francine terhadap Produksi Minyak AS

Badai Francine menjadi salah satu penyebab utama kenaikan harga minyak dalam beberapa hari terakhir. 

BACA JUGA:Tercemar Minyak Mentah, Warga Majasari Dilanda Ketakutan

BACA JUGA:Permintaan Minyak Dunia Diproyeksi Lesu: Respon Pertamina dan Tantangan Ke Depan

Menurut data dari Biro Keamanan dan Penegakan Lingkungan AS (BSEE), lebih dari 12% produksi minyak mentah dan 16% produksi gas alam di Teluk Meksiko masih ditutup akibat badai tersebut. 

Teluk Meksiko merupakan salah satu pusat produksi minyak terbesar di Amerika Serikat, sehingga gangguan produksi di wilayah ini dapat mempengaruhi pasokan minyak mentah global secara signifikan.

Pasar energi global terus memantau perkembangan situasi di Teluk Meksiko, mengingat durasi dan dampak badai yang berkepanjangan dapat memicu kenaikan harga lebih lanjut. 

Gangguan pasokan minyak di Teluk Meksiko juga diimbangi dengan kekhawatiran permintaan dari China, yang sedang mengalami perlambatan ekonomi. 

BACA JUGA:Dede Pengurus Sumur Minyak Ilegal yang Terbakar di Tanjung Dalam diamankan

BACA JUGA:Patah Tierod Truk Angkutan Minyak Ilegal Tabrak Pengedara Motor, Sopir Truk diamankan

Perlambatan ini terlihat dari penurunan produksi kilang minyak China selama lima bulan berturut-turut, yang berakibat pada menurunnya permintaan bahan bakar dan lemahnya margin ekspor.

Ekspektasi Penurunan Stok Minyak AS

Selain badai, ekspektasi penurunan stok minyak mentah AS turut mendukung kenaikan harga minyak dunia. 

Berdasarkan jajak pendapat Reuters, stok minyak mentah di Amerika Serikat diperkirakan akan mengalami penurunan sekitar 200.000 barel dalam sepekan hingga 13 September. 

Penurunan stok ini menandakan adanya permintaan yang tinggi, yang pada akhirnya dapat meningkatkan harga minyak lebih lanjut.

Kategori :