Sekolah-sekolah inklusif dengan fasilitas yang mendukung serta tenaga pendidik yang terlatih harus semakin banyak dibangun di seluruh wilayah Indonesia.
BACA JUGA:Teddy & Marjito Bersyukur Test Kesehatan Berjalan Lancar
BACA JUGA:Pemeriksaan Kesehatan Selesai, Berkas Muchendi-Supriyanto dan Djakfar Shodiq-Abdiyanto Diverifikasi
Memperluas Pelatihan Guru Tentang Autisme
Para guru memiliki peran kunci dalam pendidikan anak autis. Namun, banyak guru di Indonesia yang belum mendapatkan pelatihan yang memadai tentang cara mengajar anak-anak dengan kebutuhan khusus.
Melalui pelatihan yang menyeluruh, guru dapat lebih memahami kebutuhan anak autis dan memberikan dukungan yang tepat di lingkungan sekolah.
Seruan untuk Penelitian dan Pengembangan (R&D) Mengenai Autisme
Penelitian mengenai autisme masih sangat terbatas, terutama di Indonesia.
Pemerintah diharapkan memberikan dukungan yang lebih besar untuk penelitian dan pengembangan yang terkait dengan autisme, termasuk pengembangan metode intervensi, penyebab autisme, serta cara terbaik untuk memberikan perawatan bagi anak-anak autis.
Intervensi Dini dalam Perawatan
Intervensi dini terbukti efektif dalam meningkatkan perkembangan anak autis.
Resolusi ini menekankan pentingnya program intervensi dini yang berkesinambungan. Pemerintah harus memastikan bahwa layanan intervensi dini tersedia secara merata dan dapat diakses oleh semua keluarga yang membutuhkan.
Kolaborasi Lintas Disiplin untuk Perawatan Holistik
Anak autis memerlukan pendekatan perawatan yang holistik, melibatkan berbagai disiplin ilmu seperti psikologi, terapi wicara, terapi okupasi, dan lain-lain.
Pemerintah diharapkan mendorong kolaborasi antar profesi untuk menciptakan pendekatan perawatan yang lebih komprehensif dan efektif.
Merumuskan Kebijakan Pemerintah untuk Dukungan Jangka Panjang