Indonesia Darurat Autisme: 10 Resolusi Penting dari Malang Autism Summit 2024

Senin 07-10-2024,13:13 WIB
Reporter : Bambang
Editor : Yen_har

Malang Autism Summit 2024 merupakan hasil kolaborasi internasional yang melibatkan Penawar Special Learning Centre (PSLC) Malaysia sebagai penggagas utama, bekerja sama dengan Tugu Media Group Indonesia sebagai mitra lokal. 

Acara ini juga didukung oleh berbagai komunitas dan lembaga yang peduli terhadap autisme, termasuk Spekix Special Kids Expo, Drisana, Motherland, Amazing Malang, Difabel Creative Community, Omah Gembira, Stifin Genetic, MCC, JCDC, MI AR Roihan Lawang Malang, Rumah Terapi Anton Metode, KIDABA, serta Paguyuban Seniman dan Pengrajin Disabilitas Karanganyar Jawa Tengah.

Clinical Director Penawar Special Learning Centre Malaysia, Ruwinah Abdul Karim, menegaskan bahwa perjuangan untuk mewujudkan kesetaraan bagi anak-anak autis dan anak berkebutuhan khusus masih panjang. 

"Saya bermimpi ada hari di mana anak-anak autis diberi kesempatan yang sama, dihargai, dan dicintai tanpa syarat," ucapnya dalam sambutan penutupan.

Ruwinah juga memberikan pesan penuh harapan kepada para guru, praktisi medis, aktivis, hingga orang tua anak autis agar tetap berjuang memberikan cinta dan perhatian yang sama kepada anak-anak autis seperti kepada anak-anak lainnya. 

"Mereka tidak butuh belas kasihan, tetapi mereka butuh kesempatan untuk bersinar dan menjalani hidup yang bermartabat," pungkasnya.

Tantangan dan Harapan Masa Depan

Indonesia masih dihadapkan dengan berbagai tantangan dalam penanganan autisme, termasuk stigma sosial, keterbatasan fasilitas, serta kurangnya kebijakan yang mendukung. 

Dengan adanya resolusi dari Malang Autism Summit 2024, diharapkan langkah nyata dapat diambil oleh pemerintah untuk memperbaiki situasi ini. 

Anak-anak autis memiliki potensi yang luar biasa, dan dengan dukungan yang tepat, mereka dapat menjadi bagian aktif dari masyarakat.

Para peserta Malang Autism Summit 2024, baik dari kalangan profesional maupun orang tua, berharap agar pemerintah tidak hanya sekadar menyimpan resolusi ini sebagai dokumen, tetapi segera mengambil tindakan nyata untuk mewujudkan resolusi tersebut.

Langkah Nyata Menuju Indonesia yang Lebih Inklusif

Dengan jumlah anak autis yang terus meningkat, Indonesia tidak boleh tinggal diam. 

Malang Autism Summit 2024 telah menghasilkan serangkaian resolusi yang diharapkan dapat menjadi dasar bagi perbaikan kebijakan dan program pemerintah untuk menciptakan lingkungan yang lebih inklusif bagi anak-anak autis. 

Dukungan pemerintah, tenaga kesehatan, tenaga pendidik, serta masyarakat luas sangat diperlukan untuk memberikan anak-anak autis kesempatan yang sama untuk tumbuh dan berkembang sesuai potensinya.

Dengan langkah nyata dari semua pihak, diharapkan masa depan anak autis di Indonesia bisa lebih cerah dan setara dengan anak-anak lainnya.

Kategori :