Dari Konsep Mercedes ke Supercar Eksklusif: Kisah Isdera Imperator 108i.

Rabu 19-03-2025,11:28 WIB
Reporter : Koer
Editor : Dahlia

Imperator 108i awalnya menggunakan mesin Mercedes-Benz M117 V8 5.0 liter yang menghasilkan sekitar 235 hp, mirip dengan yang digunakan pada Mercedes 500SEC.

Namun, seiring waktu, Isdera terus meningkatkan spesifikasinya dengan mesin yang lebih bertenaga:

Mercedes-Benz M117 V8 5.6 liter – 300 hp (digunakan pada 560SEC)

AMG V8 5.6 liter – 390 hp

AMG V8 6.0 liter – 420 hp dengan 32 katup yang canggih

Dengan mesin terkuatnya, Imperator 108i mampu mencapai kecepatan 283 km/jam (176 mph) dan berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam sekitar 5 detik—sebuah angka yang mengesankan untuk supercar di era 1980-an dan awal 1990-an.

Mesin ini dipadukan dengan transmisi manual ZF 5-percepatan, sebuah kombinasi yang memberikan pengalaman berkendara yang sangat mekanis dan responsif.

Supercar Langka dengan Hanya 30 Unit

Salah satu faktor yang membuat Isdera Imperator 108i begitu istimewa adalah kelangkaannya. Mobil ini diproduksi dalam dua seri utama:

Seri 1 (1984-1991): Hanya 17 unit yang dibuat.

Seri 2 (1991-1993): Tambahan 13 unit diproduksi, dengan beberapa pembaruan teknologi dan desain.

Totalnya, hanya 30 unit Imperator 108i yang pernah dibuat, menjadikannya salah satu supercar paling langka di dunia.

Dari jumlah tersebut, dua unit diekspor ke Jepang, menambah daya tarik mobil ini sebagai koleksi eksklusif.

Isdera Spyder: Versi Roadster dari Imperator

Selain Imperator 108i, Isdera juga memperkenalkan Isdera Spyder, versi roadster dari mobil ini.

Mobil ini diproduksi antara tahun 1982 hingga 1992 dan menggunakan mesin yang lebih kecil dibandingkan Imperator.

Kategori :