PALPOS.ID - Bagi para pecinta mobil era 90-an, nama Toyota Starlet tentu bukanlah sesuatu yang asing.
Tapi di antara varian Starlet yang pernah mengaspal, satu model yang kerap mencuri perhatian para kolektor dan penggemar JDM adalah Toyota Starlet Glanza V Coupe 1.2 Turbo M/T 1999.
Mobil mungil ini bukan hanya sekadar hatchback biasa; ia adalah mini rocket berpenggerak depan dengan karakter liar namun tetap praktis digunakan harian.
Kini, lebih dari dua dekade setelah kemunculannya, Starlet Glanza V semakin sulit ditemukan dalam kondisi prima.
BACA JUGA:Birkin Seven 1.6 M/T 1996: Mobil Retro yang Membakar Jiwa Petualang.
BACA JUGA:Minerva GTR170: Skutik Sport Langka Rasa Eropa dari Brand Lokal.
Tapi justru itulah yang menjadikannya incaran kolektor, karena Glanza V bukan sekadar kendaraan—ia adalah potret sempurna dari zaman keemasan mobil kompak sporty Jepang.
Dari Mobil Harian ke Ikon Enthusiast
Toyota Starlet pertama kali diperkenalkan pada tahun 1973 sebagai mobil subkompak yang hemat bahan bakar dan mudah dikendarai di jalanan kota.
Namun, seiring waktu, Toyota mulai menyematkan DNA performa pada hatchback ini.
BACA JUGA:GAC Honda GT dan Dongfeng Honda GT: Dua Wajah Masa Depan Mobilitas dari Honda
Di era 80 hingga 90-an, Starlet berkembang menjadi salah satu mobil kecil yang sangat digemari karena ukurannya yang ringkas, bobotnya yang ringan, dan performanya yang gesit.
Glanza V, yang merupakan bagian dari generasi kelima Starlet (P90), adalah salah satu puncak dari evolusi tersebut.
Diluncurkan khusus untuk pasar Jepang, Glanza V menjadi varian performa tinggi yang memadukan kepraktisan khas hatchback dengan performa luar biasa dari mesin turbo.