Ia bukan hanya mobil cepat, tapi juga representasi dari era keemasan mobil Jepang, ketika pabrikan berlomba-lomba membuat mobil kecil yang menyenangkan untuk dikendarai.
Di Jepang sendiri, Glanza V cukup populer di kalangan anak muda kala itu.
Ia menjadi alternatif murah untuk memiliki mobil turbo yang bisa dikendarai setiap hari dan tetap tampil gaya di jalanan.
Saat ini, karena usianya yang sudah lebih dari 20 tahun, Glanza V mulai sulit ditemukan dalam kondisi original.
Banyak yang sudah dimodifikasi habis-habisan atau bahkan digunakan untuk balap.
Maka, menemukan unit yang masih orisinil, apalagi bertransmisi manual, adalah harta karun sejati.
Nilai Investasi dan Koleksi
Karena populasinya yang makin langka dan permintaan yang makin tinggi, harga Toyota Glanza V juga mulai merangkak naik.
Di pasar mobil klasik atau JDM enthusiast, Glanza V menjadi salah satu mobil yang potensial untuk investasi.
Selain itu, komunitas Glanza dan Starlet cukup besar di Indonesia maupun luar negeri.
Dukungan suku cadang, modifikasi, dan sharing knowledge cukup luas, membuat pemilik baru tidak akan kesulitan merawat atau meng-upgrade mobil ini.
Toyota Starlet Glanza V 1.2 Turbo M/T 1999 bukan hanya sekadar hatchback kecil dari akhir milenium lalu.
Ia adalah kombinasi sempurna dari ukuran kompak, performa mengagumkan, dan karakter fun-to-drive yang sangat sulit ditemukan di mobil-mobil baru zaman sekarang.
Bagi yang sedang mencari mobil JDM klasik yang unik, bertenaga, dan punya nilai koleksi tinggi—Glanza V adalah pilihan yang sulit untuk ditolak.
Mobil ini membawa kita kembali ke masa di mana mengemudi adalah tentang perasaan, bukan fitur.
Jadi, kalau kamu melihat Glanza V lewat di jalan, jangan anggap remeh. Di balik bentuk mungilnya, ada jiwa liar yang siap membuktikan bahwa ukuran bukanlah segalanya—tapi karakter, itu yang utama.* (Koer)